Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

Cara Membuat Pupuk Kompos Dengan Mudah-budidayapetani.com akan berbagi tips dan cara pembutan pupuk kompos yang sangat mudah dang gampang. Pupuk memiliki peranan penting untuk kesuburan tanaman. budidayapeteni.com akan berbagi caranya nih sangat mudah dang gampang dan lsansung dapat sobat praktekan dirumah.Proses pembuatan pupuk kompos juga sangat mudah dan dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Semua orang juga bisa membuat pupuk kompos, baik untuk skala pertanian maupun sekadar kebutuhan pekarangan. Pupuk kompos memiliki manfaat, seperti memperbaiki struktur tanah, zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan akan lebih tersedia, serta mikroba yang terdapat pada pupuk kompos akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan oleh tanaman.
Cara Membuat Pupuk kompos dengan mudah

Bahan-bahan:
Sampah hijau (sampah organik)
Sampah coklat (sampah kotoran hewan)
Bak atau drum plastik besar
Karung goni
Tanah atau paving block

Cara Membuat Pupuk Kompos:
Campurkan satu bagian sampah hijau dengan satu bagian sampah coklat ke dalam bak atau drum plastik besar yang di bawahnya telah ditutupi dengan tanah dan diberi lubang agar kelebihan air dapat merembes ke dalam tanah.
Tambahkan satu lapisan tanah pada bagian atas dan biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja mengolah sampah menjadi kompos.
Ulangi proses pertama dan kedua untuk lapisan berikutnya hingga sampah dan tanah habis. Lalu tutup drum dengan karung goni. Proses ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali.
Setelah hari ketujuh, buka dan aduk pupuk kompos tersebut. Lalu tutup kembali dan lakukan proses tersebut setiap tujuh hari sekali.
Untuk mempercepat proses pengomposan, anda dapat menambahkan bio-activator berupa larutan effective microorganism (EM) yang dapat dibeli di toko pertanian.
Setelah 4-6 minggu, jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau sampah lagi, berarti proses pengomposan telah beres.
Langkah terakhir adalah ayak dan pisahkan bagian yang kasar, lalu kompos yang kasar dapat dicampurkan ke dalam bak pengomposan sebagai activator.

Penggunaan pupuk kompos terhadap tanaman juga dapat membantu tanah menjadi lebih gembur yang menghasilkan bunga-bunga berkembang, sehingga halaman anda menjadi lebih asri dan hawa lebih segar karena oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut. Jika anda ingin tanaman anda tampak asri, anda juga bisa membuat pupuk kompos sendiri dengan memanfaatkan sampah organik yang berada di sekitar anda, sehingga lingkungan sekitar anda akan tampak bersih.

demikian postingan dari budidayapetani.com tentang Cara Membuat Pupuk Kompos Dengan Mudah semogga dapat bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya