Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam

Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam
Cara mudah dan sederhana Membuat Telur Asin dengan air dan garam-budidayapetani.com akan berbagi tips dan cara mudah membuat telur asin bebek yang gampang dan sederhana, sebenarnya cara membuat telur asin ada beberapa pilihan,seperti cara membuat telur asin dengan batu bata,abu dll, namun kali ini budidayapetani.com akan membagikan cara membuat telur asin dengan garam dan air cukup mudah dan simple,oke buat sahabat budidayapetani.com ikuti langkah langkahnya dibawah
Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam
Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam

  • Telur bebek segar antara 50 butir sampai 100 butir. Sebaiknya gunakan telur dengan usia kurang dari 10 hari agar kwalitas telur bagus
  1. Garam dapur sebanyak 500 gram. Bisa juga menggunakan garam kotak atau garam krosok.
  • Air bersih sebanyak 1.5 sampai 2 liter. Jika ingin, Anda juga bisa memakai air mineral kemasan.
  • Stoples kaca atau plastik dengan penutup rapat. Anda juga bisa menggunakan ember jika ingin. Tapi pastikan ember tersebut memiliki penutup.
Setelah semua bahan siap tersedia, mulailah langkah demi langkah pembuatan telur asin, sebagai berikut: 

  1. Pertama, rendamlah telur bebek ke dalam wadah berisi air. Buang telur yang melayang sebab itu pertanda telur tidak layak olah.
  2. Selanjutnya, bersihkan kulit telur dengan cara digosok. Selain untuk menghilangkan kotoran, cara ini juga berfungsi untuk membuka pori-pori telur.
  3. Setelah bersih, tiriskanlah telur dan simpan dalam wadah.
  4. Langkah berikutnya, buatlah larutan perendam berupa campuran air dan garam. Pelarutan ini bisa menggunakan air dingin. Apabila Anda memakai air panas, maka sebaiknya tunggu air larutan garam dingin sebelum digunakan.
  5. Setelah air garam siap, tuanglah masuk ke dalam wadah tempat Anda menyimpan telur yang telah dibersihkan. Pastikan larutan merendam telur secara sempurna.
  6. Apabila ada yang tidak terendam sempurna, sebaiknya ambil kantong plastik dan isi dengan air. Selanjutnya gunakan untuk menimpa telur agar terendam sempurna. Tutup rapat wadah.
  7. Lama perendaman adalah 12 hari. Dengan durasi ini, Anda sudah bisa mendapatkan telur asin yang masir. Namun agar lebih awet dan asin, kadang orang merendam sampai 3 minggu lamanya. Sesuaikan saja dengan selera Anda.
Demikian Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam semogga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin dengan air dan garam"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya