Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga

Cara Praktis dan Mudah Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Rumah Tangga-budidayapetani.com-salam dari desa para shabat setia pengunjung budidayapetani, hallo apa kabar petani indonesia.,,, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga.banyak kita temui disekitar kita limbah rumah tangga yang sia sia tidak dimanfaatkan padahal manfaatnya itu sangat besar kalok kita mengetahuinya, untuk itu saya bagikan artikel cara pembuatan limbah rumah tangga kita manfaatkan sebagi pupuk cair yang akan memberi nutrisi pada tanaman yang kita buidayakan.Sampah rumah tangga terutama bahan bahan organic atau yang berasal dari makhluk hidup terutama jenis tumbuh tumbuhan yang sudah tidak digunakan lagi apabila tidak langsung dibung maka akan banyak menyebabkan banyak sekali sumber penyakit bagi kehidupan masyarakat.limbah rumah tangga sebagai pupuk cair kita manfaatkan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.langsung saja simak cara pembuatan pupuk cair dengan limbah rumah tangga dibawah


Cara Pembuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga

1. Cincang sampah hijau seperti sisa sayuran, sayuran basi, dan sebagainya
Siapkan tong plastik atau tong bekas wadah cat tembok ukuran 25 kilogram (kg), lengkap dengan tutupnya. Siapkan juga kantong plastik dan beri beberapa lubang sebesar 1 cm. Lubang ini untuk memperlancar sirkulasi air dalam tong.
2. Siapkan tetes tebu atau gula yang sudah dilarutkan untuk mengaktifkan EM4
3. Siapkan EM4 untuk mempermudah proses pelarutan. Untuk membuat EM4 sendiri dapat dilakukan dengan cara mencampur air sumber/air sumur dengan buah-buahan busuk atau tape, kemudian masukkan ke dalam botol air mineral, tambahkan 5 sendok makan gula pasir, kocok sampai hancur, buka tutupnya, biarkan selama 3 hari.
4. Siapkan air sumber/air sumur. Untuk hasil maksimal jangan gunakan air hujan atau air PAM atau air irigasi karena dapat tercemar zat-zat kimia yang dapat menghambat pertumbuhan mikrobia.
5. Campur cincangan sampah hijau, EM4, dan air gula atau tetes tebu ke dalam tong plastik. Sementara itu cincangan sampah hijau dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi. Setelah itu, masukkan kantong plastik ini ke dalam tong plastik dan tambahkan air tanah

6. Ikat kantong plastik berisi sampah hijau itu dan tutup pula tong plastik itu dengan rapat selama tiga minggu (21 hari).
7. Setelah tiga minggu, sampah dalam tong itu tidak berbau dan kelihatan menyusut. Angkat sampah itu hingga air tiris. Sampah dari dalam plastik menjadi pupuk padat, sedangkan air dalam tong menjadi pupuk cair.
cukup sekian postingan dari budidayapetani.com tentang Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga semogga bermanfaat untuk petani indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya