Cara beternak burung puyuh petelur untuk pemula

Cara beternak burung puyuh petelur untuk pemula
Panduan usaha budidaya burung puyuh petelur yang baik dan benar-assalamulaikum wr.wb... gimana kabarnya para sahabat budidayapetani.com, pada kali ini admin akan berbagi tips sukses budidaya burung puyuh yang menjanjikan.burung puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang, biasanya berwarna coklat, telurnya belang,ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek dan dapat diadu. Burung puyuh disebut juga Gemak (Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya disebut “Quail”, merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakan di Amerika Serikat, tahun 1870. Dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dikenal, dan diternak semenjak akhir tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak yang ada di Indonesia.nama latin burung puyuh adalah Coturnix-Coturnix Japonica berikut ini klasifikasi burung puyuh
Klasifikasi Burung Puyuh

Klasifikasi Burung Puyuh
Kelas : Aves (bangsa burung)
Ordo : Galiformes
Sub Ordo : Phasianoidae
Famili : Phasianidae
Sub Famili : Phasianinae
Genus : Coturnix
Species : Coturnix-Coturnix Japonica

kali ini kita akan kupas tentang ternak puyuh petelur yang menjanjikan,langkah yang pertama untuk melakukan Usaha Beternak Burung Puyuh ini awalnya kita harus memilih tempat yang baik untuk peternakan kita. Karena tempat sangat mempengaruhi produksi puyuh tersebut. Peluang Bisnis Beternak Telur Puyuh Misalkan kita akan beternak 1000 ekor puyuh modal kandang yang akan dikeluarkan 3 tingkat yaitu 1,5 juta rupiah dikali 2 kandang. mesin penetas telur berukuran 2 x1 meter dengan modal sekitaran 500 ribu. total sekitaran  -4 juta plus tambahan berupa listrik lampu, paku dan lain lain.

Untuk pengeluaran pakan dengan biaya konsentrat dan dedak yang lumayan sekitaran 750 ribu untuk 10 hari.
- Incoming ( Pemasukan)
Burung puyuh 1000 ekor dapat menghasilkan 600 butir telur setiap hari atau dikisaran 7.5 kilogram per hari,
ini adalah rincian pengeluaran dan pendapatan dari produksi rumahan saya sendiri dan penghasilan sekitaranRp.110.0000 ribu perhari dan harga telur puyuh per kilo nya Rp. 20.000.itu pun naik turun tergantung pasaran atau minat konsumen telur puyuh sendiri. pastikan sebelum memulai bisnis ini ada peluang usaha disekitar rumah anda.
Jika di rata-rata penghasilan perminggu sekitaran Rp. 400.000 bersih. ingat tergantung produksi telur bagaimana anda merawat dan tingginya minat konsumen telur itu sendiri.
biaya di atas belum di jumlahkan penjualan hasil kotoran burung puyuh yang harganya Rp.15.0000 perkarungnya atau bisa lebih tergantung lokasi masing - masing.
ini hasil kotoran dari usaha ternak puyuh yang saya pelihara, tips dari saya harus di kembangkan karena usaha yang kita jalani pasti ada kegagalan karena kegagalan merupakan proses dari kesuksesan.

Syarat Yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Usaha Ternak Puyuh

1. Disiplin
Disiplin disni adalah bagaimana anda dapat mengatur waktu saat pemberian makan atau minum pada puyuh, pembersihan kandang, jangan sampai anda tidak disiplin karena dapat menurunkan produktifitas telur nya.
2. Jangan Malas 
Semalas - malasnya kita adalah suatu tanggung jawab juga merawat ternak kita, jangan sampai malas menjadi faktor perusak usaha anda ya.
3. Jangan Ragu - Ragu Atau Pelupa
Jika anda lupa atau bingung saat anda sudah memberi makanan atau minuman pada puyuh maka coba ingat - ingat kembali, hal sepele seperti pun bisa jadi besar jika di sepelekan.
4. Tekun
Disaat produksi telur maksimal selalu ingat akan mengucap kata syukur apalagi orderan banyak, namnun disaat produksi sedang menurun atau orderan sedang sepi di saat inilah ketekunan anda di uji, cobalah tekun pada suatu usaha.
5. Kasih Sayang Pada Ternak
Sama seperti Istri, anak atau kekasih peliharaan kita pun harus kita kasih sayang, kita dapat menjaga ternak kita layaknya seperti orang yang kita sayang, pemberian makan teratur,diberi minu, di beri obat jika sakit, dan masih banyak lagi.

Memilih lokasi tempat peternakan burung puyuh
  1. Lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk
  2. Lokasi Peternakan jauh dari wabah penyakit
  3. Pastikan Jauh dari kawasan Banjir
  4. Lokasi yang stategis untuk pemasaran telur itu sendiri
Untuk pembuatan kandang sendiri pertama - tama harus perhatikan hal - hal sebagai berikut 
  1. Pemilihan bahan untuk pembuatan kandang itu sendiri 
  2. sirkulasi atau aliran udara yang baik
  3. pembuangan kotoran 
  4. tempat penempatan pakan dan minum untuk buruh puyuh itu sendiri
Kandang untuk indukan Puyuh berukuran 2x 0.5 meter dengan 5 lantai dan setiap lantai diberikan sekat berupa triplek untuk menampung kotoran dan mempermudah pembuangan kotoran itu sendiri. Untuk dinding pada bagian kandang gunakanan Jaring berbahan kawat untuk melancarkan sirkulasi udara pada kandang. penambahan kaki kandnag yang di tinggikan mencegah puyuh bagian bawah terkena air / lembab.

Penempatan tempat pakan pun harus di perhatikan antara lubang tempat masuk kepala puyuh agar bisa leluasa mengambil makan di tempat pakan.
Sedangakan penempatan minuman letakan di samping untuk setiap 1 lantai.
pergantian air minum puyuh dilakukan 1 hari sekali yaitu pagi hari / sore hari.
Pemberian makanan pun dilakukan sama seperti pergantian air minum pada puyuh.

Untuk pembersihan Kotoran puyuh dilakukan setiap 3 hari sekali, praktisnya triplek yang kita taruh pada sekat antar lantai satu dengan yang lain cabut dan bersihkan menggunakan sapu.
Kotoran puyuh juga merupakan peluang bisnis karena setiap 1 karung kecil kotoran di hargai 15 ribu rupiah.

Setiap 1 lantai berisi sekitara 30 -50 puyuhan dewasa setiap sekat, jika kita memelihara 1000 puyuh dewasa kita akan menghasilkan sekitaran 300- 400 telur setiap 1 hari. dan membutuhkan sekitar 4 -5 kandang dengan 4 lantai.

untuk penjualan telur puyuh sekarang dihargai sekitar 20 ribu per 1 kilogram telur , 1000 puyuh dewasa menghasilkan 7,5 kilogram telur satu hari.

Untuk pemilihan tempat saya sarankan buat rumah - rumahan yang sederhana terdiri dari penopang dan genteng untuk mencegah dari air hujan, atau bisa memanfaankan pekarangan belakang rumah semaksimal mungkin.

Catatan untuk pemula jangan beternak puyuh untuk pertama kali dengan skala besar, jangan karena melihat beternak skala besar akan untuk banyak itu memang tapi itu berlaku untuk yang sudah berpengalaman.untuk pemula sebaiknya beternak skala kecil 50 ekor-100 ekor.lihat dulu proses dan hasilnya dan pahami secara rinci kekuranganya. jika sobat sudah sukses sobat bisa menambah sedikit demi sedikit. kalok sudah berpengalaman 1000-10.000 ekor tidak jadi masalah. intinya Niat > Kerja Keras > Berdoa > Tawakkal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara beternak burung puyuh petelur untuk pemula"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya