Cara Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek

Cara Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek-Lumpuh Pada Itik, Gejala Atau Penyakit?
Cara Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek
Itik  mengalami lumpuh merupakan permasalahan yang sering ditemui oleh  peternak itik dan sayangnya belum ada ataupun masih sedikit sekali  bahasan menyeluruh mengenai penanganannya yang dapat kita temui,  sehingga tentu saja hal ini merugikan para peternak karena kesalahan  maupun keterlambatan  pertolongan terhadap masalah kelumpuhan ini dapat  berakibat fatal. Walaupun hanya seorang peternak kecil saya mencoba  mengupas permasalahan ini dengan harapan dapat berguna bagi sesama  peternak dan sekaligus sebagai pancingan agar dilengkapi pembahasannya  oleh rekan yang lain.

Lumpuh menurut Kamus Besar Bahasa  Indonesia adalah lemah dan tidak bertenaga lagi ( tentang anggota  badan, terutama kaki). Permasalahannya adalah ternyata banyak sekali  sebab yang dapat menyebabkan itik lumpuh dan sayangnya banyak sekali  peternak yang mengeluh karena itiknya lumpuh tanpa menyertakan data  lainnya sehingga membingungkan rekan lainnya yang coba membantu  memberikan solusinya. Mas itik saya kena penyakit lumpuh apa ya obatnya  yang manjur agar besok sehat lagi? Hadeeh...

Saya  pribadi lebih suka menyebut lumpuh sebagai gejala atas suatu penyakit  dan bukan penyakit itu sendiri, Mengapa? karena sebab itik lumpuh itu  banyak sekali dan lumpuh juga diikuti oleh gejala/indikasi lainnya yang  mencerminkan itik mengalami penyakit tertentu. Setiap perbedaan sebab  lumpuh tentu memerlukan penanganan yang berbeda sehingga kemampuan untuk  melihat gejala lain yang menyertai gejala lumpuh tentu akan sangat  membantu kita. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas faktor-faktor apa  saja yang dapat membuat itik lumpuh.

1. Mekanis
Sebab  mekanis disini maksudnya adalah itik mengalami benturan, tertindih itik  lain, terjepit, terkilir dan sebab lainnya sehingga tidak dapat  berjalan. Gejala lain yang mengikutinya biasanya ditemukan memar atau  lebam kebiru-biruan pada badan atau kaki itik ataupun terdapat kaki yang  picang atau bahkan patah. Perhatikan juga apakah terdapat luka luar  pada tubuh atau kaki itik, jika ada luka luar maka obati dahulu lukanya  dengan antibiotik semisal sulfanilamid untuk mengeringkan lukanya. Jika  hanya terkilir ( tidak ada benjolan pada kaki itik) anda dapat  mengoleskan minyak tawon/sereh , jika kaki itik patah anda harus  membebatnya dengan kain plester sehingga tulang tidak bergerak dan  memberikan asupan kalsium dan fosfor yang lebih dalam pakannya ( semisal  susu atau telur).

2. Kekurangan Mineral
Kekurangan  mineral terutama kalsium( Ca) dan mangan (Mn) dapat menyebabkan itik  lumpuh. Ciri khas dari lumpuh akibat kekurangan mineral adalah  pertumbuhan tulang yang abnormal ataupun sebelah kaki menjulur  kebelakang. Pemberian Mineral feed suplemen ataupun obat yang mengandung  mineral semisal ostelin dapat menyembuhkan jika belum terlalu parah.

3. Kekurangan Vitamin 
Kekurangan  vitamin terutama vitamin A,D,E dan K serta B complek juga dapat  menyebakan itik lumpuh karena vitamin tersebut merupakan vitamin yang  diperlukan untuk tumbuh kembang itik. Selain gejala kaki lemah/lumpuh  kekurangan vitamin juga diikuti dengan gejala penurunan nafsu makan,  penurunan berat badan dan adanya bulu yang berdiri. Anda dapat  memberikan asupan vitamin ataupun feed suplement komplit semacam Top Mix  atau Premik dll.

4. Keracunan
Keracunan atau  Botulisme diakibatkan itik memakan bangkai ataupun pakan yang membusuk.  Gejala khasnya lainnya adalah leher seperti tak bertulang dan pupil mata  melebar. Masuknya bakteri C.Botulinum kedalam saluran pencernaan itik  untuk kemudian memproduksi racun/toksin. Toksin masuk kedalam aliran  darah dan  ditransportasikan menuju sel neuronal lalu menyeberangi membran vesikel endocytic dan memasuki sitoplasma. Di dalam sitoplasma, toksin memecah beberapa protein yang membentuk synaptic fusion complex. Pecahnya kompleks synaptic fussion mencegah vesikel mengalami fusi dengan membran, yang akan mencegah pelepasan acetylcholine ke dalam celah synaptic. Tanpa pelepasan acetylcholine neuronal, otot yang berhubungan tidak dapat berkontraksi dan menjadi lumpuh.. Pemberian es  batu dan minyak goreng ataupun air kelapa dapat digunakan untuk  menetralisir racun sebelum menyebar. Minyak kelapa membuat itik kehausan  sehingga itik minum lebih banyak dan menurunkan kadar racun. Air kelapa  mengandung tanin yang bersifat anti bakteri sekaligus mengencerkan  kandungan toksin.

5. Mycosis
Jika  Botulisme diakibatkan oleh bakteri maka Mycosis diakibatkan oleh jamur.  Infeksi jamur dapat disebabkan karena pakan yang berjamur yang termakan  itik, ataupun bila ada luka gores pada tubuh itik sehingga jamur dapat  masuk ketubuh itik. Penyebaran jamur kedalam darah selain menyebabkan  itik lumpuh juga menyebabkan penurunan bobot yang drastis.  Pencegahaan hanya bisa dilakukan dengan pemeliharaan  kesehatan dan kebersihan kandang yang baik. Lantai (litter) kandang secara berkala  dijemur, diusahakan tidak lembab dan diberi kapur, terutama dimusim penghujan.  Pengobatan penyakit Mycosis karena jamur bisa dilakukan dengan memberi  antibiotika yang dicampurkan kedalam air minum atau pakan itik.

6. BerakHijau/Fowl Cholera
Penyakit  berak hijau pun dapat menyebabkan itik lumpuh yang juga ditandai dengan  feses berwarna hijau dan bengkak pada sambungan lutut kaki itik serta  leleran pada leleran pada hidung. Pengobatan dengan pemberian antibiotik  koleridin atau Neomeditril.

7. Berak Darah/Kokdiosis
Bila  itik terlihat malas bergerak/lumpuh disertai dengan bulu kusam, berdiri  dan kotor dan kotoran berwarna merah darah maka kemungkinan terserang  Kokdiosis/berak darah. Sanitasi kandang merupakan kunci untuk mencegah  terjadinya serangan penyakit ini karena bakteri menyukai lingkungan yang  kotor dan lembab untuk tempat tinggalnya. Pencegahannya dengan  antibiotik semisal Anticocy atau Maladex.

8. ND/tetelo  
Penyakit  ND atau tetelo pun dapat menyebabkan itik lumpuh dengan tambahan gejala  leher yang terpuntir dan kotoran berwarna  hijau campur putih dan  cenderung encer (ND). Pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi ND  terhadap itik sedangkan untuk penyembuhan bisa diupayakan dengan  pemberian herbal yang bersifat membunuh virus seperti kunyit, bawang  putih, sirsak dan daun pepaya.

9. Mata Biru 
Mata  Biru atau flu burung(?) juga menyebabkan kelumpuhan dengan cepat yang  ditandai dengan kotoran berwarna hijau bercampur lendir. Untuk mencegah  dan mengobati penyakit ini anda dapat mengunjungi blog  bumiternak milik master saya yaitu pak dhe Betha Sutrisnoa dengan kata kunci:  Obat mata biru putih katarak pada bebek.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya