Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Cara mencangkok Pohon Lengkeng atau di kenal Kelengkeng dengan baik dan benar agar cepat berbuah.Lengkeng atau kelengkeng adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.dengan nama latin atau nama ilmiah kelengkeng adalah Dimocarpus logan.klasifikasi dan morfologi kelengkeng dapat sobat baca dibawah

Berdasarkan taksonominya, tanaman kalengkeng di klasifikasikan sebagai berikut :
Klasifikasi Kelengkeng
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Famili : Sapindaceae
Genus : Dimocarpus
Spesies : Dimocarpus logan L (Lelychusna, 2011)

Morfologi Kelengkeng
Akar
Memiliki akar tunggang yang dalam dan akar kesamping yang luas.

Batang
Memiliki percabangan yang banyak.

Daun
Berdaun majemuk, dengan 2-4 pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang.

Bunga
Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), panjangnya sekitar 4-80 cm, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah
Buah bulat, warna coklat kekuningan, hampir gundul, licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna puith dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Biji
Bijinya berbentuk bulat, terdiri dari dua keping dan dilapisi kulit biji yang berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin.

Untuk sobat yang ingin menikmati buah kelengkeng sobat bisa menanamnya sendiri dirumah dengan cara sobat mencari pohon kelengkeng ditempat tetangga sobat lalu minta izin untuk mencangkoknya.dengan mencangkok pohon kelengkeng sobat akan lebih cepat merasakan buah kelengkeng menunggu tidak terlalu lama dari pada menanam biji kelengkeng.Dikarenakan sifat yang diturunkan sama dengan induknya maka pemilihan induk pohon kelengkeng yang akan dicangkok harus yang mempunyai produksi buah tinggi dan buah yang dihasilkan juga yang berkualitas tinggi. Jika sudah mendapatkan tanaman induk yang sesuai, tahapan selanjutnya adalah sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan bahan dan alat. Bahan dan alat yang digunakan adalah media, plastik, tali rafia dan pisau.
  2. Memilih ranting yang lurus
  3. Mengerat/menghilangkan kambium secara melingkar pada batang dengan panjang 3-5 cm. Panjang ranting dari ujung daun sampai leher keratan minimal 50 cm.
  4. Biarkan selama 1-2 hari agar kambium yang masih menempel di kayu mengering.
  5. Rendam media yang akan digunakan ke dalam air.
  6. Memasang plastik tempat media dengan cara mengikatkan plastik di bawah batang yang dikerat.
  7. Memasukkan media ke dalam plastik kemudian diikat lagi.
  8. Jaga kelembaban media dengan menyiram jika media mulai mengering
Keberhasilan cangkok ditandai terbentuknya akar yang dapat dilihat dari luar. Apabila tidak terbentuk akar maka cangkok tidak berhasil, hal ini biasanya disebabkan masih adanya kambium yang menempel di kayu pada waktu mengerat sehingga kambium terbentuk kembali atau juga bisa disebabkan oleh median yang kurang lembab (kering). Selamat mencoba! semogga artikel ini bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya