Ciri Ciri Kambing Hamil atau bunting

Cara Mudah Mengetahui Ciri Ciri Kambing Hamil atau bunting

pada kali ini admin akan berbagi pengalaman cara mudah untuk mengetahui kambing hamil atau belum,untuk mengetahui kehamilan kambing memang lumayan sulit.cara mengetahui kehamilan kambing bisa kita lihat dengan mudah jika kambing tersebut haiml tua namun untuk mengetahui kambing hamil muda ini cukup sulit.Cara mudah untuk mengetahui apakah kambing sudah meteng/hamil atau belum setelah dikawinkan akan kami bahas juga.oke langsung saja akan kami bagikan tips cara mengetahui kambing meteng/hamil/bunting,yaitu dengan cara tali leher kambing dengan tiang/pilar agar tidak lari, 
kemudian tutup mulut dan hidung kambing dengan tangan secara rapat sambil berhitung dalam hati satu sampai tiga puluh misalnya, bila dalam hitungan tiga puluh (kurang lebih 30 detik) kambing yang hidung dan mulutnya tertutup tidak dalam keadaan kencing berarti kambing belum hamil, namun bila kambing terkencing-kencing diperkirakan telah hamil sekitar 1 s/d 2 bulan, bila kambing terkencing-kencing dalah hitungan 20 detik diperkirakan sedang hamil sekitar 3 s/d 4 bulan dan bila kambing terkencing dalam hitungan 10 detik diperkirakan kambing dalam keadaan hamil tua sekitar 5 bulan. ada juga cara lain untuk mengetahui kambing hamil atau bunting untuk kaming yang pertama kalinya hamil dan kita bisa mengetahui kalok kambing tersebut sudah menginjak kehamilan 3 bulan yaitu denga cara Kambing sudah jinak, dan juga bersifat tenang.
Nafsu makan mulai meningkat
Badan sudah terlihat gemuk pada biasanya
Bulu sudah mengkilap kembali
Bagian kulit pada ambing sudah lentur
Bagian pusar sudah mulai melebar


Ciri Kambing Bunting – Tanda – tanda kambing bunting ini merupakan salah satu hal yang sangat menyulitkan bagi peternak, untuk membedakan kambing bunting atau tidaknya. Dalam menentukan kebuntingan pada ternak kambing atau domba ini hampir sama namun memiliki perbedaan yang menipis saja.  Pembedaan tanda bunting pada ternak kambing ini harus dilakukan dengan pengamatan kambing terlebih dahulu dan juga melakukan analisas pada kambing yang sudah di curigai mengalami kebuntingan.
Review kebuntingan pada kambing ini sekitar 21 hari ( 5 bulan ) selama kebuntingan pada kambing akan mengalami kegelisan dan juga nafsu makan menurun. Namun, ada beberapa tanda khusus ternak kambing ini mengalami kebuntingan yaitu antara lainnya adalah.

Tanda dan ciri kambing bunting
Pada umumnya, kambing yang baru pertama kalinya akan menyulitkan untuk membedakan kambing tersebut mengalami kebuntingan. Selain itu, kebuntingan di awal juga seperti itu sangat menyulitkan karena belum memiliki tanda khusus di bagian eksternal pada kambing tersebut. Namun, ada beberapa ciri kambing sudah mengalami kebuntingan selama awal memasukan tiga bulan pertama yaitu :
  • Kambing sudah jinak, dan juga bersifat tenang.
  • Bagian kulit pada ambing sudah lentur
  • Bagian pusar sudah mulai melebar
  • Nafsu makan mulai meningkat
  • Badan sudah terlihat gemuk pada biasanya
  • Bulu sudah mengkilap kembali

Setalah usia kehamilan sudah dalam periode bulan ketiga kambing dara yang sudah mengalami kebuntingan lebih mudah dikenali dan juga mulai tampak fisik  serta tampak bentuk bagian perut. Perut membesar sesuai dengan perkembangan embrio yang ada di dalam perut  kambing.

Tanda dan ciri kambing yang sudah pernah hamil
Kambing yang sudah beranak dua kali dapat mudah ditentukan dalam jangka waktu kurang dari 2 bulan ( 8 minggu ), sudah dapat menentukan kambing tersebut hamil atau tidaknya. Hal ini sangat berbeda dengan kambing dara yang baru pertama kalinya bunting, kambing yang sudah pernah bunting akan memiliki ciri – ciri sebagai berikut.

Kambing sudah membesar dan juga mengeluarkan cairan lengket di bagian tersebut
Bagian serviks mengeluarkan cairan putih
Bagian pusar sudah melebar
Nafsu makan meningkat
Menurunnya tingkat kegelisahan
Perut sudah membesar
Bagian pangkal pinggul melebar
Tanda dan ciri kambing yang ingin melahirkan 
Induk ternak mulai gelisa
Lendir sumbat serviks cair
Kolesterum telah menjadi cair dan mudah dipencet keluar
Edama pada vulva

Demikian postingan dari kami semogga bermanfaat...salam sukses ternak kambing...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Ciri Kambing Hamil atau bunting"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya