Pengertian Pemuliaan tanaman Tujuan Pemuliaan Tanaman

Pengertian Pemuliaan tanaman adalah suatu seni dari ilmu pengetahuan untuk menciptakan tanaman yang lebih baik melalui perbaiakan genetik. Selain itu pemuliaan tanaman merupakan suatu metode yang secara sistematik merakit keragaman genetik menjadi suatu bentuk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, hasil dari kegiatan pemuliaan tanaman yaitu berupa TANAMAN UNGGUL
Pemuliaan tanaman adalah kegiatan mengubah susunan genetik individu maupun populasi tanaman untuk suatu tujuan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemuliaan_tanaman

Kali ini admin akan membahas Seputra Pengertian Pemuliaan tanaman Tujuan Pemuliaan Tanaman dan metode pemuliaan tanaman
Keyword
makalah pemuliaan tanaman,contoh keberhasilan pemuliaan tanaman,tahapan pemuliaan tanaman,arti,penting pemuliaan tanaman,peranan pemuliaan tanaman,pemuliaan tanaman pdf
Tujuan dari program pemuliaan tanaman adalah:
1.meningkatkan hasil tanaman
2.meningkatkan kualitas
3.meningkatkan resistensi terhadap hama dan penyakit
4.perbaiakan adaptasi atau toleransi terhadap tekanan lingkungan dan efisiensi dalam pengguanaan input(sarana produksi)

*Secara gris besar,tahap tahap pemuliaan tanaman mencakup pembentukan populasi,seleksi,dan pengujian.
*pemuliaan tanaman dalam rangka merakit varietas ubgguldapat di tempuh secara konvensional maupun dengan bantuan bioteknologi/rekayasa genetika
*produktivitas tanaman dapat di tingkatkan melalui manipulasi atu perbaikan genetik maupun perbaikan lingkungan tumbuh
*manipulasi lingkungan tumbuh meliputi perbaikan fisik dan kimia tanah.mutu benih,ketersediaan air,pengendalian organisme,penggangu tanaman,dan teknologi panen dan pasca panen.
*manipulasi genetik meliputi penggunaan varietas unggul yang di rakit melalui kegiaatn pemuliaan tanaman.

Macam-Macam Metode Pemuliaan Tanaman
Kegiatan agrikulural ini diawali dengan upaya meningkatkan variasi genetik yang dilanjutkan dengan seleksi pada keturunan terbaik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan variasi genetik. Cara yang konvensional adalah menggunakan metode introduksi, persilangan, dan manipulasi genom. Sementara proses modern yang seringkali disebut sebagai bioteknologi, adalah manipulasi gen atau bagian kromosom serta transfer gen.

Introduksi
Introduksi berarti mendatangkan bahan baku tanaman dari tempat yang berbeda. Ini merupakan pemuliaan tanaman yang paling sederhana. Introduksi diilhami oleh teori “pusat keanekaragaman” yang diperkenalkan oleh ahli botani Rusia, N.I. Vavilov. Metode introduksi mendatangkan berbagai varietas tanaman dari tempat yang berbeda-beda, lalu dikembangbiakkan secara vegetatif. Ada beberapa tanaman yang telah dimuliakan dengan cara ini, di antaranya ketela pohon dan jarak pagar.

Persilangan
Persilangan adalah cara kedua yang paling populer untuk meningkatkan variasi tanaman. Sebagai contoh, menyilangkan tanaman gandum supaya tahan terhadap tanah dengan kadar garam yang tinggi. Bahkan, semua tanaman padi, jagung, dan kedelai, yang ditanam sebagai tanaman komoditi di negeri ini merupakan hasil persilangan.
Bila diamati secara mendalam, sebenarnya persilangan telah memanfaatkan ilmu manipulasi komposisi gen. Bukan sekadar mengawinkan dua varietas tanaman yang berbeda. Persilangan banyak dipilih sebagai metode perbanyakan variasi karena murah, efektif, efisien, dan mudah dilakukan.

Manipulasi Genom
Manipulasi genom merupakan proses mengubah susunan gen menggunakan manipulasi ploidi, baik penggandaan set kromosom maupun perubahan jumlah kromosom. Sebagai contoh, semangka tanpa biji. Semangka ini sebenarnya merupakan persilangan antara semangka tetraploid dengan semangka diploid. Sejatinya, dalam manipulasi genom, masih diperlukan persilangan untuk menghasilkan individu baru yang lebih unggul.
Manipulasi gen merupakan metode pemuliaan tanaman dengan menggunakan penerapan genetika molekuler dan juga mutasi gen. Teknik yang dilakukan, di antaranya tilling, teknologi antisense, gene silencing, teknologi RNAi, rekayasa gen, hingga over-expression. Dalam skala laboratorium, teknik-teknik tersebut telah berhasil dibuktikan. Namun, hingga saat ini, belum ada varietas baru yang dihasilkan, khususnya untuk kebutuhan komersil.

Transfer Gen
Nama lain metode ini adalah transformasi DNA. Caranya, dengan menyisipkan gen dari organisme lain ke dalam DNA tanaman untuk tujuan tertentu. Tanaman yang dihasilkan biasanya mendapat sebutan tanaman transgenik. Sebagai contoh, gen Agrobacterium tumefaciens yang disisipkan ke dalam tanaman tembakau mampu membuat tanaman tersebut tahan terhadap antibotik tertentu Meskipun kemajuan teknologi telah membuktikan keandalan metode ini sehingga hasil produk yang diperoleh lebih sesuai dengan harapan manusia, berbagai aksi protes dan penentangan dilakukan oleh sejumlah kelompok pencinta lingkungan. Hal ini disebabkan kekhawatiran dari berbagai pihak akan dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan bila metode ini dikembangkan secara luas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pemuliaan tanaman Tujuan Pemuliaan Tanaman"

Post a Comment

Terimakasih sudah Berkunjung di Blog www.budidayapetani.com.
Blog yang berisi artikel seputar Pertanian,Peternakan dan Perikanan Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi
Silahkan Berkunjung Kembali Untuk Mendapatkan Artikel Pertanian Terbaru Lainya