10 Jenis Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Pemula

Tanaman aquascape adalah jenis tanaman yang biasa digunakan untuk mempercantik akuarium. Selain mempercantik penampakan akuarium, tanaman ini juga digunakan sebagai tempat tinggal ikan. Seperti halnya tanaman yang ada di bumi, tanaman aquascapejuga membutuhkan karbondioksida untuk proses fotosintesis. Namun, ada beberapa jenis tanaman aquascape yang tidak memerlukan karbondioksida.

Hal lain yang dibutuhkan tanaman aquacape untuk bisa hidup di akuarium adalah kondisi air. Anda diwajibkan rutin mengganti 30% air dalam akuarium setiap seminggu sekali. Pastikan juga Anda menjaga suhu air agar berada di bawah 30° C. Bagi Anda yang baru aka menggeluti dunia tanaman aquascape, kami akan rekomendasikan 10 tanaman aquascape yang patut Anda coba karena perawatannya yang mudah.

Java moss

Jenis Tanaman Aquascape java moss

Jenis tanaman aquascape cukup populer di kalangan para pecinta aquascape karena minim dalam pemeliharaannya. Java moss dapat tumbuh di kayu apung dan batu, memiliki toleransi tumbuh pada suhu 21 sampai 24 derajat Celcius, dan bisa tumbuh pada semua jenis pencahayaan.

Amazon sword

Jenis Tanaman Aquascape amazon sword

Amazon sword merupakan tanaman yang sering dijadikan background pada akuarium. Bentuknya daunnya seperti pedang dan berwarna hijau tua. Tanaman ini bisa hidup pada suhu 22-28° C. Untuk bisa hidup, Amazon sword membutuhkan pencahayaan yang moderat.

Eleocharis parvula

Jenis Tanaman Aquascape eleocharis parvula

Eleocharis parvula atau Dwarf Hair Grass adalah jenis tanaman yang tumbuh dalam waktu singkat. Suhu air yang dibutuhkan agar tumbuhan jenis ini bisa hidup adalah 22 hingga 25 derajat Celcius. Anda bisa meletakan batu di tengah-tengah Eleocharis parvula ini, karena akan terlihat sangat menarik.

Lilaeopsis

Jenis Tanaman Aquascape lilaeopsis

Tanaman ini memiiki bentuk yang menyerupai rumput, namun hanya dapat tumbuh hingga 5 cm saja. Lilaeopsis membutuhkan kisaran suhu 23-29° C dan pencahayaan sedang untuk tumbuh. Sebaiknya Anda memangkas tanaman ini secara berkala agar tetap terlihat indah.

Green Tiger Lotus

green tiger lotus

Green tiger lotus merupakan tanaman berdaun lebar yang berfungsi sebagai tempat persembunyian ikan dan background akuarium. Temperatur yang dibutuhkan tanaman ini agar bisa hidup adalah berkisar antara 22 hingga 28 derajat Celcius dan dengan pencahayaan moderat.

Jenis tanaman aquacape yang mudah tumbuh

Anubias nana

Anubias nana

Anubias nana merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah dalam perawatannya. Tanaman berwarna hijau tua ini bisa tumbuh hingga 15 cm loh. Jadi pastikan Anda selalu memotong tanaman ini agar tidak terlalu tinggi. Anda perlu mengatur temperatur air pada akuarium pada suhu 22-28° C.

Hygrophila difformis

Hygrophila difformis

Nama lain tanaman ini adalah Water Wisteria. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada suhu air 23-28° C dan pada pencahayaan sedang. Water wisteria biasanya dijadikan sebagai karpet akuarium yang tentunya untuk memperindah penampilan akuarium Anda.

Cryptocoryne becketti

Cryptocoryne becketti

Cryptocoryne becketti memiliki bentuk yang agak lebar dan berwarna hijau kecoklatan. Tanaman ini biasa digunakan sebagai tempat persembunyian ikan. Aturlah temperatur air pada akuarium Anda pada kisaran suhu 20-30° C dan dengan pencahayaan rendah sampai tinggi.

African Water Fern

African Water Fern

African water fern atau Bolbitis merupakan tanaman yang cocok sebagai background atau foreground. Tanaman ini tumbuh pada kondisi lembab, suhu antara 20 sampai 27 derajat Celcius, dan pencahayaan rendah serta teduh. Biasanya ikan akan gemar bersembunyi pada tanaman ini.

Hemianthus callitrichoides

Hemianthus callitrichoides

Hemianthus callitrichoides atau lebih dikenal dengan sebutan Dwarf Baby Tears merupakan tanaman aquascape yang digunakan sebagai karpet akuarium. Suhu yang cocok bagi pertumbuhan tanaman ini adalah 22-23° C. Tanaman ini memiliki sifat tumbuh mengikuti arah cahaya.

Nah, 10 jenis tanaman aquascape di atas bisa menjadi pilihan untuk Anda para pemula dalam dunia aquacape. Perawatannya yang mudah akan sangat menguntungkan Anda. Anda sudah bisa mempercantik penampakan akuarium mulai sekarang. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *