10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Unik dan Menarik

Tanaman hias daun memang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Pasalnya, tanaman hias daun memiliki bentuk yang unik dan corak yang beragam sehingga menarik para penggemarnya. Tanaman hias daun cocok untuk ditanam di pekarangan atau di dalam pot untuk ditaruh di dalam rumah.

Jenis tanaman hias daun

Beragam jenis tanaman hias daun dapat Anda tanam di rumah, mulai tanaman hias daun dalam pot, tanaman gantung, hingga tanaman daun merambat. Kami akan memberikan beberapa contoh tanaman hias daun dan nama latinnya yang bisa menjadi referensi untu Anda.

Soka (Ixora javanica)

tanaman hias soka

Tanaman soka atau sering disebut tanaman pucuk merah merupakan tanaman perdu yang cocok di tanam di pekarangan. Tanaman hias ini memiliki harga yang cukup murah sehingga tidak akan memberatkan kantung Anda. Untuk perawatannya, cukup siram secara teratur saat pagi dan sore hari.

Kadaka (Asplenium scolopendrium)

tanaman hias Kadaka

Tanaman kadaka masuk ke dalam jenis tanaman pakis. Kadaka memiliki daun tebal, lebih panjang, dan lebih lebar dari tanaman pakis biasanya. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan. Terdapat beberapa jenis tanaman kadaka, antara lain kadaka Osaka dan kadaka ular.

Suplir (Adiantum)

tanaman hias Suplir

Tanaman suplir masuk ke dalam tanaman paku-pakuan yang biasa hidup di bawah naungan dan tempat yang lembab. Anda bisa meletakkan tanaman suplir ini di teras atau di dalam rumah. Anda hanya perlu menyiram sehari sekali, karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air.

Kuping gajah (Anthurium crystallinum)

Kuping gajah (Anthurium crystallinum)

Daun berwarna hijau, bercorak unik, dan berbentuk hari menjadi daya tari tersendiri bagi tanaman hias yang satu ini. Ya, tanaman kuping gajah memang banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Harganya yang cukup mahal sepadan dengan keunikan yang dimilikinya. Kuping gajah cocok diletakan di dalam ataupun di luar rumah.

Keladi red star (caladium bicolor)

Keladi red star (caladium bicolor)

Jenis tanaman daun yang cukup memiliki banyak penggemar adalah jenis tanaman hias daun merah, seperti tanaman keladi res star. Tanaman ini memiliki bentuk dan struktur yang hamper sama dengan kuping gajah.Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias outdoor, karena membutuhkan penyinaran sinar matahari penuh.

Calathea (Calathea sp.)

Calathea (Calathea sp.)

Keunikan dari tanaman Calathea adalah daunya yang memiliki corak belang-belang (hijau dan putih). Jika Anda melihatnya sepintas, tanaman ini akan tampak seperti bulu merak. Calathea cocok untuk Anda jadikan tanaman hias indoor.

Philodendron (Philodendron sp.)

Philodendron (Philodendron sp.)

Apabila budget Anda terbatas untuk membeli Anthurium atau kuping gajah, pilihan tanaman hias daun lain yang bisa dipilih adalah philodendron. Philodendron akan semakin menarik jika Anda memadukannya dengan pot yang cantik dan warna cat rumah yang sesuai.

Lidah mertua (Sansevieria sp.)

Lidah mertua (Sansevieria sp.)

Harga tanaman ini akan semakin mahal apabila bentuknya semakin unik. Namun, banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya. Pasalnya lidah mertua merupakan tanaman yang multifungsi. Selain berfungsi untuk memperindah pekarangan Anda, lidah mertua juga bisa mencegah erosi dan menyerap polusi atau racun di udara.

Lili paris (Chlorophytum comosum)

Jenis Tanaman Hias Daun Lili paris (Chlorophytum comosum)

Lili paris memiliki daun yang kecil, memanjang, dan meruncing, berwarna hijau dengan garis merah di bagian tengahnya, sehingga membuat tanaman ini banyak diburu. Anda bisa memanfaatkan lidah paris sebagai tanaman hias gantung atau tanaman hias di dalam rumah.

Aglaonema

Jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema

Tanaman hias daun aglaonema atau lebih dikenal dengan naman sri rejeki merupakan tanaman hias daun yang cukup mahal. Aglonema memiliki warna daun yang beragam, seperti hijau dengan corak putih atau merah muda dengan corak hijau. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari namun tidak secara langsung sama halnya dengan suplir

Beberapa jenis tanaman hias daun yang telah disebutkan diatas bisa menjadi referensi untuk Anda memilih jenis tanaman hias untuk mempercantik rumah. Karena keunikannya, masing-masing tanaman hias daun memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Jadi manakah tanaman hias daun favorit Anda ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *