20 Peluang Bisnis Ternak Puyuh Yang Menjanjikan: Fakta Yang Harus Diketahui

Tidak memiliki pekerjaan tetap? Atau memiliki pekerjaan tetap namun penghasilan masih terbatas? Atau ingin meningkatkan pendapatan? Jalannya ya memiliki usaha sendiri. Segera ambil keputusan dulu guys. Klo sudah memantapkan niat, tapi masih bingung modal? Bingung pemasaran? Susah mencari bahan baku? Resiko terlalu besar? Jangan kawatirkan hal itu. Coba saja usaha yang memiliki kompleksitas rendah. Simaklah dan mulai belajar 20 peluang bisnis ternak puyuh yang menjanjikan: fakta yang harus diketahui.

Semua kendala dan keraguan tersebut pasti muncul, akan tetapi jika melihat banyak peluang, meningkatnya permintaan maka tidak salah untuk mencoba ternak puyuh. Disertai dengan ketrampilan dan kerajinan, peluang bisnis ternak puyuh yang menjanjikan: fakta yang harus diketahui agar pembaca mendapatkan pasar konsumen. Jika dibandingkan dengan usaha yang lain ternak puyuh memang sangat menjanjikan, dengan berbagai fakta pertimbangan seperti berikut:

1 Kebutuhan akan telur puyuh selalu meningkat setiap waktu selaras dengan populasi manusia.

2 Permintaan pasar akan telur puyuh juga naik terus seiring dengan aneka varian menu masakan
yang berasal dari telur puyuh yang lezat.

3 Ketersediaan telur puyuh masih sangat kurang sedangkan permintaan pasar tinggi sehingga pasar masih potensial dan sangat terbuka lebar.

4 Telur puyuh memiliki masa simpan 3 minggu, sehingga dapat dipasarkan dengan jarak jangkauan yang jauh dan stok telur dapat ditahan jika harga rendah.

5 Selain dikenal sebagai penghasil telur, burung puyuh juga dikenal memproduksi daging yaitu puyuh jantan maupun puyuh petelur afkir.

6 Daging ternak puyuh juga disukai oleh konsumen seperti halnya dengan telur puyuh. Jika anda penasaran belum pernah mencoba silahkan mencoba olahan daging puyuh temukan sensasi kelezatan dan kenikmatan serta gurih.

7 Kotoran ternak puyuh juga dimanfaatkan untuk pupuk organik oleh petani serta beberapa peternak memanfaatkan untuk campuran ransum ikan karena kotoran puyuh masih mengandung protein kasar yang cukup tinggi.

8 Pemanfaatan bulu ternak puyuh sebagai kerajinan tangan yang unik dan segala macam perabotan rumah contohnya sulak (kemoceng), tirai dan lain sebagainya.

9 Tidak seperti ternak yang lainnya, modal untuk budidaya ternak puyuh juga tidak terlalu mahal. Karena harga burung puyuh yang siap telur hanya sekitar Rp. 5.000-7.000,- per ekor. Jika dikali dengan populasi 1000 ekor hanya mengeluarkan modal bibit sekitar Rp. 5.000.000-7.000.000,-. Bandingkan dengan ternak yang lain yang membutuhkan modal besar.

10 Apalagi jika memelihara dari day old quail (DOQ) yang memiliki harga jauh lebih murah yaitu Rp. 2.000-3.000,- per ekor dengan pemberian pakan yang relatif terjangkau.

11 Hasil memelihara DOQ juga dapat menjadi peluang usaha yaitu ketika umur 5 minggu dalam kondisi masa siap telur dapat dijual dengan harga Rp. 5.000-7.000,- per ekor.

12 Tidak seperti jenis ternak yang lain, ternak puyuh tidak membutuhkan lahan yang luas untuk untuk kandang bahkan dapat memanfaatkan pekarangan. Hal tersebut karena kandang dapat disusun hingga maksimal 5 petak kandang.

13 Pakan puyuh sangat mudah didapatkan dan tidaklah terlalu repot. Dapat diusahakan dengan ransum sendiri terdiri dari misalnya jagung, bekatul tepung ikan, tepung cangkang, bungkil kedelai, ataupun pakan jadi yang tersedia di poultry shop.

14 Jika masih kesulitan modal dan akses pemasaran saat ini juga telah mulai muncul kemitraan burung puyuh, kita hanya tinggal menyiapkan lahan dan kandangnya saja sedangkan bibit, OVK dan pakan disediaan oleh perusahaan inti.

15 Perdagangan puyuh belum ada monopoli oleh perusahaan besar atau multi nasional, sehingga Anda dapat mencari potensi pasar dengan leluasa.

16 Peluang akan pembibitan puyuh (DOQ) juga masih terbuka lebar. Untuk pembibitan atau produksi telur tetas, dipilih bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya dan puyuh jantan yang sehat yang siap membuahi puyuh betina agar dapat menjamin telur tetas yang baik.

 

17 Demikian juga dengan penetasan telur puyuh yang relatif mudah pengerjaannya juga peluang masih besar yang membutuhkan bibit.

18 Tentunya jika ingin bisnis puyuh berkembang secara konsisten maka perlu dilakukan peluang kerja sama dengan para pengusaha kuliner sehingga dapat meningkatkan omset penjualan

20 Seperti komoditas pangan yang lain, harga puyuh meliputi telur, daging, bibit doq, pakan setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Tentunya ini sangat menggiurkan.

Perdasarkan rangkuman kami di atas, peluang bisnis ternak puyuh sangat potensial karena usaha ini dari hulu hingga hilir bisa termanfaatkan. Pada dasarnya ternak puyuh tidak membutuhkan sebuah keahlian khusus, Anda pun bisa memulai bisnis ini. Sentra ternak puyuh di Indonesia tersebar pada wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat bahkan tidak menutup peluang untuk berkembang di daerah yang lain. Semoga 20 peluang bisnis ternak puyuh yang menjanjikan: fakta yang harus diketahui tersebut dapat menginspirasi pembaca.