3 Langkah Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok

Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok

Bulu adalah aset terbesar yang dimiliki oleh kucing. Kucing dapat terlihat cantik, anggun, dan menggemaskan karena bulu – bulu indah yang membalut tubuh mungilnya. Lantas bagaimana jika bulu tersebut mengalami kerontokan begitu saja?, tentunya jika bulu kucing rontok dapat mengurangi semua keindahan dan kesan kecantikannya. Dan kucing tidak akan menggemaskan lagi. Oleh karenanya perlu dilakukan penanganan ketika bulu kucing mengalami kerontokan.

Dalam menangani kerontokan yang terjadi pada bulu kucing tidak semata – mata diatasi tanpa mencari tahu penyebabnya. Alangkah baiknya jika sebelum kita mencoba mengatasinya kita mencari tahu dahulu apa penyebab kerontokan bulu kucing tersebut. Sebenarnya ada dua kategori penyebab kerontokan bulu pada kucing. Penyebabnya yaitu karena penyakit yang diderita oleh si kucing ataukah kekurangan nutrisi yang menyebabka bulunya mengalami kerontokan. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya barulah kita mencari solusi untuk mengatasinya.

Untuk bulu kucing yang rontok karena penyakit maka satu – satunya penanganan yang paling tepat adalah membawa kucing ke dokter hewan yang ahli. Disana dapat dicari solusi untuk menangani penyakitnya agar dapat menunda atau meminimalisir angka kematian yang memungkinkan terjadi akibat penyakit yang diderita kucing anda. Namun jika kucing anda mengalami masalah kerontokan bulu yang terjadi secara alami, dapat dilakukan dengan 3 Langkah Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok diantaranya :

  1. Berikan makanan yang bernutrisi pada si kucing

Kucing sejatinya merupakan seekor hewan carnivore. Hewan karnovira ini adalah hewan yang memakan hewan lainnya. Oleh karenanya berikan makanan dengan nutrisi yang memang dibutuhkan hewan karnivora. Utamakan memberikan makanan yang banyak mengandung omega 3 dan protein hewani dengan takaran yang cukup.

  1. Raba kulit kucing

Kucing juga memiliki kulit hanya saja kulinya ini tertutupi oleh bulu. Rabalah kulit kucing ini. Jika terdapat bagian yang kasar maka hal ini menandakan bahwa kerontokan bulu kucing disebabkan oleh kutu. Dan tentunya anda harus membersihkannya. Bersihkan kucing dengan shampo khusus kucing untuk membersihkan sekaligus memperlebat bulunya.

  1. Sisirlah bulu kucing secara rutin

Menyisir bulu kucing memiliki beberapa manfaat. Manfaat utamanya adalah mengusir kutu yang mungkin bersarang di bulu kucing sekaligus melancarkan peredaran darah si kucing.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang 3 Langkah Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok. Semoga langkah – langkah diatas dapat diterapkan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *