5 Tips Merawat Burung Kenari

tips merawat burung kenari

Burung kenari adalah salah satu burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Kenari mempunyai keindahan tersendiri pada suaranya yang membuat para pecinta burung berlomba-lomba untuk membudidayakan burung tersebut. Ada pun cara merawat kenari itu susah-susah gampang. Karena jika salah perawatan burung bisa stress. Setidak nya ada 5 tips merawat burung kenari yang mudah dilakukan oleh para pemula.

  1. Hindari embusan angin kencang / langsung

Dalam menggantung sangkar burung kenari, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, usahakan tempat tersebut tidak terkena embusan angin secara langsung. Misalnya ditaruh di dekat atau depan jendela.Hal sederhana inilah yang sering diabaikan oleh sejumlah pemula saat merawat kenari. Jika kenari sering terkena hembusan yang terlalu kencang kenari rentang menghadapi penyakit.

  1. Hindari sinar matahari langsung

Terkena sinar matahari langsung pada burung kenari akan berakibat sangat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian pada burung kenari akibat serangan  heat stroke. Sebaliknya, jika pola penjemuran pada waktu yang tepat dapat memberi manfaat untuk burung kenari Anda.

  1. Ketersedian pakan bijian

Pakan utama untuk burung kenari memang biji-bijian, sesuai dengan bentuk paruh yang dimiliki kenari itu sendiri. Karena itulah pakan bijian harus selalu anda sediakan dalam jumlah cukup setiap harinya. Pakan bijian yang sangat bagus untuk burung kenari misalnya canary seed, bisa juga millet dan niger seed, dan lebih baik jika ketiganya dicampur dan dikombinasikan.

  1. Jaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga merupakan syarat utama dan sangat penting dalam menciptakan kondisi burung kenari anda agar selalu sehat. Usahakan kotoran burung kenari anda bisa dibuang setiap hari. Wadah pakan dan air minum  burung juga harus rutin dibersihkan setiap hari.Bersihkan juga tempat burung bertengger,  setidaknya seminggu sekali, karena tenggeran tersebut merupakan tempat berpijak kaki burung setiap harinya,  agar burung terhindar dari penyakit yang bisa saja ditularkan dari kotoran yang sering dipijaknya.

  1. Waspada kehadiran kutu atau tungau

Waspada dengan beberapa jenis parasit yang bisa saja hinggap pada burung kenari anda, karena parasit tersebut  bersifat membunuh secara perlahan-lahan, baik dari dalam tubuh cacing dan tungau kantung udara itu sendiri, maupun dari luar tubuh. Jadi hendaknya kebersihan juga harus terjaga selalu. Agar parasit-parasit tidak mudah datang untuk mengganggu kesehatan burung kenari anda.

Semoga 5 tips merawat burung kenari diatas bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *