7 Jenis Tanaman Bonsai yang Bisa Menghiasi Rumah Anda

Apakah Anda ingin menanam tumbuhan tapi terhalang lahan yang terbatas ? Tidak perlu cemas, Anda bisa mencoba menanam tanaman bonsai sebagai solusinya. Tanaman bonsai adalah jenis tanaman yang dikerdilkan dengan tujuan membentuk miniatur dari tumbuhan aslinya. Jenis tanaman bonsai sangat beragam, diantaranya tanaman bonsai berbatang keras, tanaman bonsai buah, dan tanaman bonsai berbunga.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Bonsai Pilihaan Terbaik

Tanaman bonsai kelapa

Pohon kelapa yang umumnya tinggi menjulang ternyata bisa dijadikan bonsai loh! Tanaman yang satu ini banyak digemari oleh para pecinta bonsai. Anda bisa langsung membelinya di took tanaman hias, atau bisa juga membuatnya sendiri. Caranya dengan menanam bibit kelapa yang sudah dibersihkan sabut dan bulu halusnya dengan posisi batok sesuai dengan pola yang diinginkan. Setelah tanaman kelapa tumbuh, hal yang paling penting adalah melakukan penyayatan pada bagian tunas yang lebih tua agar bentuk bonsai tetap kecil.

Tanaman bonsai Azalea

Tanaman bonsai ang satu ini merupakan tanaman yang banyak disukai oleh segala kalangan. Azalea adalah tanaman berbunga yang hanya bisa hidup di dataran tinggi. Cuaca yang kurang sejuk bisa menyebabkan tanaman ini mudah layu atau rusak. Tanaman Azalea versi bonsai yang tadinya berdaun hiaju akan berubah menjadi tanaman berbunga pink disepanjang daunnya pada saat musim berbunga.

Tanaman bonsai serut

Tanaman serut (Sterblus asper) memiliki ciri berbatang pucat, berdaun hijau tua dengan bentuk panjang bergigi (5 hingga 10 cm), serta bunga yang berukuran kecil. Bonsai jenis ini cocok sekali untuk menghiasi bagian depan rumah Anda. Keunikan dari bonsai serut adalah daunnya yang akan berguguran ketika musim kemarau, hal tersebut bertujuan untuk agar tanaman menghemat air.

Tanaman bonsai kamboja

Tanaman yang memiliki warna bunga yang beragam ini, bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghiasi rumah Anda. Ya, apalagi kalau bukan bonsai kamboja. Bunga yang sering kita jumpai di pemakaman ini merupakan jenis tanaman berbonggol asal Amerika. Kamboja cocok di tanam pada daerah yang kering dengan kelembaban rendah.

Tanaman bonsai asem jawa

Tumbuhan asam jawa sering kali kita temui di sepanjang jalan sebagai pohon peneduh. Tumbuhan yang mampu berbuah ini akan sulit berbuah jika sudah dijadikan sebagai tanaman bonsai. Batang bonsai asam jawa begitu indah karena goresan-goresan yang memberikan kesan tua serta daun berwarna hijau yang kecil dan lebat. Keunikan lain dari bontasi asam jawa adalah daun yang akan menguncup ketika malam hari.

Tanaman bonsai bugenvil

Tanaman bonsai yang satu ini memiliki daya tarik pada bunganya. Bunga cerah yang berwarna-warni (seperti ungu, merah, kuning, putih) akan tampak mempersona ketika tumbuhan bonsai ini berbunga dengan lebat. Bonsai bugenvil ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Tanaman bonsai aquascape

Tahukah Anda bahwa tanaman bonsai bisa dijadikan tanaman aquascape ? Tanaman aquascape merupakan tanaman yang ditempatkan di akuarium, yang bertujuan untuk memperindah penampilannya dan sebagai tempat persembunyian ikan. Contoh tanaman bonsal aquascape adalah ramasala (Altingia excels Noronha), Amania sp. dan bonsai Moss pelia.

Beberapa jenis tanaman bonsai di atas bisa menjadi pilihan untuk menghiasi rumah Anda. Bonsai tersebut bisa Anda letakkan di dalam maupun diluar ruangan. Anda juga perlu merawat tanaman bonsai dengan baik agar tanaman tetap terlihat segar dan menarik.