7 Tahapan Menanam Padi yang Bikin Hasil Panen Melimpah

7 Tahapan Menanam Padi yang Bikin Hasil Panen Melimpah – budidayapetani.com akan berbagi artikel tentang cara menanam padi. Menanam padi merupakan kegiatan utama sebagian besar masyarakat Indonesia yang menjadi mata pencaharian pula. Hal ini mengingat bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sehingga peluang bertani padi sangatlah menjanjikan. Lantas bagaimana tahapan menanam padi yang bikin hasil panen melimpah dan menguntungkan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

7 Tahapan Menanam Padi

Tahapan menanam padi yang bikin hasil panen melimpah adalah sebagai berikut, antara lain :

1. Pengolahan tanah
Tahapan menanam padi yang pertama adalah lakukan pengolahan tanah, seperti mencabuti semak belukar yang ada di lahan tanam, lakukan pengairan sampai tanah gembur, kemudian genangi lahan tanam selama 2 minggu agar racun yang ada dalam tanah bisa ternetralisir.

2. Pemilihan bibit padi
Untuk memilih bibit padi yang baik, lakukan perendaman benih pada air selama 2 jam dan tunggu hingga berkecambah. Jika 80 – 90% benih nya tumbuh, maka berarti benih tersebut mempunyai kualitas yang baik dan cocok untuk budidaya padi.

3. Lakukan persemaian dan tanam
Siapkan area untuk menyemai padi dengan kondisi yang berair. Kemudian lakukan proses pemupukan dan tanam bibit dengan cara menaburkannya secara rata pada lahan tanam yang tersedia.

4. Penyiangan lahan
Selanjutnya, lakukan penyiangan lahan dengan membersihkan rumput liar yang ada di sekitar tanaman untuk mendapat hasil panen yang melimpah dan juga memuaskan. Lakukan penyiangan secara rutin setiap 3 minggu sekali.

5. Pemupukan
Tidak hanya melakukan penyiangan lahan, pemupukan juga merupakan bagian penting dalam tahapan menanam padi yang bikin hasil panen melimpah. Pemberian pupuk secara rutin akan membuat tanah tetap terjaga dan mengandung kaya akan nutrisi, sehingga padi dapat tumbuh dengan baik.

6. Perlindungan tanaman padi
Sebaiknya memberi perlindungan pada tanaman padi dengan cara memelihara hewan pemangsa, dimana hewan tersebut yang akan menghambat pertumbuhan hama seperti tikus, orong-orong, belalang, walang sangit dan juga wereng. Hal ini akan melindungi ekosistem alam yang ada.

7. Proses Panen
Tahapan menanam padi yang terakhir adalah proses panen. Padi sudah bisa untuk dipanen jika memiliki ciri-ciri seperti warna yang menguning, serta buah sudah merunduk karena biji sudah terisi beras. Lakukan proses panen menggunakan sabit bergerigi ataupun striper untuk mendapat hasil yang melimpah.

Itulah 7 Tahapan Menanam Padi yang bikin hasil panen melimpah. Kamu bisa mencobanya untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah, serta menjadikannya prospek yang menjanjikan. Semoga bermanfaat!