8 Khasiat Tanaman Obat Keluarga untuk Menyembuhkan Penyakit

Khasiat Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga atau sering disingkat (TOGA) memang memiliki khasiat yang tidak terbantahkan lagi. Banyak pasien yang sembuh dengan pengobatan alami menggunakan tanaman obat herbal tersebut. Di samping murah, tanaman toga yang dijadikan sebagai obat biasanya tidak menimbulkan efek samping kesehata pada penggunanya. Berikut beberapa khasiat tanaman obat yang kami rangkum untuk Anda.

Tanaman obat diabetes

Untuk Anda yang menderita penyakit diabetes, cobalah alternatif pengobatan alami menggunakan daun salam, kumis kucing, daun murbei, daun mahkota dewa, dan daun kelor. Tanaman-tanaman tersebut juga bisa mengobati penyakit lain seperti daun kelor yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan arthritis.

Tanaman obat kanker

Kanker memang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Kanker biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan paparan polusi atau racun. Untuk mencegah atau mengobatinya cobalah konsumsi tanaman obat berikut, seperti daun kelor, daun pepaya, daun sirih, mengkudu, kayu manis, dan daun mahkota dewa.

Tanaman obat darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang banyak dikeluhkan orang, baik berusia tua maupun muda. Untuk mengontrol tekanan darah Anda agar tetap normal, cobalah ramuan menggunakan bahan daun seledri, kunyit, buah delima, kapulaga, jeruk nipis, atau jinten hitam.

Tanaman obat kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah sungguh sangat membahayakan, karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah bahkan sampai bisa mengalami serangan jantung. Agar kadar kolesterol Anda terkontrol dan tetap stabil, cobaluh untuk mengubah pola hidup Anda dan mengkonsumsi ramuan dari teh hijau, daun salam, bawang putih, alpukat, temulawak, sambiloto, atau buah mengkudu.

Tanaman obat asam urat

Rematik atau asam urat umum di derita oleh orang yang telah berusia. Asam urat disebabkan adanya pegkristalan purin yang masuk ke dalam ruang persendian, sehingga menganggu lapisan lunak sendi dan menyebabkan peradangan sendi. Untuk mengatasinya, minumlah ramuan dari daun seledri, rimpang bangle, atau tanaman kumis kucing.

Tanaman obat demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dengue yang diperantarai oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Pada pasien demam berdarah, biasanya kadar trombosit dalam darah akan menurun. Untuk meningkatkan kadar trombosit makanlah buah jambu biji, ramuan daun mahkota dewa, daun pepaya,atau daun sirih.

Tanaman obat wasir

Wasir atau ambeian adalah pengembangan pembuluh darah balik di anus. Penyebab wasir adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan peda, terlalu sering atau terlalu keras saat mengejan ketika BAB, obesitas, maupun factor kehamilah. Untuk mengobati sembelit agar tidak terkena wasir, makanlah daun jambu biji muda, daun sosor bebek, kangkung, daun pegagan, lidah buaya, dan daun handeuleum.

Tanaman obat sakit pada hati

Tanaman obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit pada hati adalah temulawak dan mengkudu untuk mengobati sakit kuning, daun sambiloto, daun sirsak, keladi tikus, buah mengkudu, tapak dara untuk mengobati kanker hati. Untuk mengobati penyakit sirosis hati konsumsilah teh hijau, gooseberry, papaya, atau biji rami. Sedangkan untuk penyakit liver minumlah ramuan dari temulawak, daun ciremai, pegagan, mengkudu atau daun mahkota dewa.

Setelah mengatahui beberapa tanaman obat yang bisa menyembuhkan penyakit, Anda bisa menyebarkan informasi ini ke saudara, teman, atau tetangga Anda agar mencoba pengobatan secara tradisional. Namun, teruslah waspada dan pastikanlah diri Anda memiliki pola hidup sehat agar tetap bugar dan sehat di hari tua !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *