9 Tanaman Buah Dalam Pot Terlaris

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan ingin mencoba menghijaukan rumah Anda, tanaman buah-buahan adalah pilihan yang tepat. Selain dapat mempercantik hunian Anda, tanaman buah-buahan juga sangat menguntungkan karena ketika tanaman berbuah Anda bisa langsung memetik dan mengonsumsinya.

Menanam buah-buahan , terutama tanaman buah dalam pot memang gampang-gampang sulit, karena membutuhkan perawatan yang ekstra. Butuh ketelatenan pemiliknya, mengingat media tanam yang kecil dan sedikit. Anda perlu memberikan nutrisi yang cukup ketika tanaman akan dan sedang berbuah.

Beberapa Jenis Tanaman Buah Dalam Pot

Tanaman buah mangga

tanaman mangga di pot

Buah mangga memiliki beragam jenis varietas, seperti mangga indramayu, mangga golek, mangga apel, dan masih banyak lagi. Bagi Anda pecinta buah mangga, sekarang Anda bisa menanam buah ini di dalam pot. Agar tanaman mangga cepat berbuah, pastikan Anda memilih bibit, media tanam, pot, dan nutrisi yang sesuai. Bibit hasil cangkokan adalah pilihan terbaik untuk dijadikan tanaman dalam pot.

Tanaman buah naga

Tanaman buah naga

Apakah Anda bertanya-tanya bisakah tanaman buah naga di tanam di dalam pot ? Jawabannya adalah bisa. Tanaman buah naga termasuk tanaman besar, jadi Anda harus menyiapkan pot besar dengan ukuran minimal 40 cm. Sediakan juga tiang dari balok kayu atau besi untuk menyangga pertumbuhan buah naga nantinya.

Tanaman buah jeruk

Tanaman buah jeruk

Jeruk merupakan tanaman buah yang cepat panen, sehingga banyak dipilih oleh para pecinta tanaman buah. Tanaman buah jeruk yang sering di tanam dalam pot adalah jeruk keprok Madura, jeruk limo, jeruk keprok bali tejakula, jeruk dolar, jeruk lemon, jeruk nipis, dan jeruk purut. Selain buahnya yang bisa dimakan, daun jeruk nipis juga bisa dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan.

Tanaman buah rambutan

buah rambutan

Tanaman buah dalam pot terlaris selanjutnya adalah rambutan. Buah tropis asli Indonesia ini ternyata bisa dikerdilkan dengan menanamnya dalam pot. Rambutan yang ditanam dalam tanah bisa tumbuh mencapai 6,5 sampai 7,5 meter, namun dalam pot rambutan hanya bisa tumbuh 2 hingga 3 meter.

Tanaman buah jambu

buah jambu

Jambu air atau jambu biji ternyata bisa Anda tanam di dalam pot loh! Diameter pot yang baik untuk menanam buah jambu adalah 50 cm, pastikan juga pot atau polybag memiliki system drainase yang baik agar tanaman tumbuh subur. Anda wajib melakukan penyiraman 2 hari sekali setiap pagi dan sore hari. Sedangkan untuk pemupukan, Anda bisa memberinya seminggu sekali ketika tanaman tidak berbuah, dan dua minggu sekali ketika tanaman berbuah.

Tanaman buah tin

Buah tin

Tanaman buah yang satu ini memang sedang digemari oleh pembudidaya maupun penghobi tanaman buah. Pasalnya, selain rasa buah yang lezat, buah tin juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Harga yang perlu Anda keluarkan untuk mendapatkan bibit buah tin lumayan besar, mengingat buah ini yang masih langka. Buah tin merupakan tanaman yang berasal dari daerah panas, sehingga Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari, cukup 4 hari sekali.

Buah durian

Buah Durian

Buah yang disebut sebagai raja durian bisa juga loh di tanam dalam pot. Agar sukses menanam buah ini dalam pot atau drum, Anda perlu memperhatikan bibit buah, cara penanaman, penyiraman, dan pemupukannya. Anda harus menyiram tanaman ini setiap pagi dan sore hari. Sedang pemupukan dilakukan secara bertahap mengikuti usia tanaman.

Jenis tanaman buah di atas bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan sedang, karena bisa tumbuh pada daerah panas. Namun, bagi Anda yang tinggal di daerah tinggi, selain jenis buah yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba menanan buah anggur, stawberry, dan apel ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *