Asal Usul Jenis Burung Jalak Kebo Mata Putih dan Kuning Beserta Karakteristik

Jalak kebo merupakan jenis burung jalak yang sering terlihat bertengger di punggung kerbau. Jalak kebo tersebut biasanya mencari makanan yang ada di punggung kerbau seperti serangga, kudu, dan juga lalat. Perilaku jalak kebo dan juga kerbau ini termasuk dalam jenis simbiosis mutualisme. Burung jalak kebo juga sering disebut dengan nama jalak penyu.

Jenis burung jalak kebo

Jenis burung jalak kebo ini pun beragam, salah satunya adalah jalak kebo mata putih. Harga jalak kebo mata putih itu sendiri sangatlah beragam tergantung pada tampilan fisik dan juga kualitas suaranya. Di wilayah atau habitat aslinya, burung jalak kebo banyak terlihat bersarang di dalam lubang-lubang besar yang ada di pohon. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja asal usul serta ciri khas jalak kebo mata putih dan kuning berikut ini.

Asal Usul Jalak Kebo

Anda dapat menemukan jenis burung jalak kebo di padang terbuka atau di daerah-daerah rawa. Jalak kebo juga banyak anda jumpai pada areal persawahan. Di daerah persawahan, jalak kebo dapat terlihat hinggap di atas punggung kerbau. Jalak kerbau biasa hidup berkelompok yakni sekitar 5 hingga 8 ekor jalak kebo per kelompoknya. Jenis burung jalak kebo tersebut banyak tersebar di berbagai pulau Indonesia, seperti pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatra.

Jalak kebo terdiri dari dua jenis, yakni jalak kebo mata putih dan kuning. Jalak kebo mata putih itu sendiri memiliki kualitas suara yang unik. Jalak kebo mata putih tersebut tidak pandai bersuara. Meski begitu, jalak kebo mata putih dapat menirukan suara manusia, seperti halnya burung beo, meski tidak selantang dan sefasih burung beo. Jalak kebo mata putih memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar dibandingkan jenis jalak kebo lainnya. Jenis jalak kebo yang kedua adalah jalak kebo mata kuning. Jenis burung jalak kebo mata kuning sangat pandai dalam menirukan suara-suara yang ia dengar di sekitarnya. Jalak kebo mata kuning juga pandai berkicau.

Karakteristik Burung Jalak Kebo

Jalak kebo jantan dan betina memiliki ciri khas masing-masing. Jalak kebo jantan memiliki ukuran kepala yang relatif lebih besar dibandingkan kepala jalak kebo betina. Jalak kebo jantan juga memiliki buli kepala rapi seperti minyak rambut. Sementara di paruh bagian depan ujungnya, jalak kebo jantan memiliki bulu jambul yang unik. Untuk kualitas suara, kicau yang dihasilkan oleh jalak kebo jantan jauh lebih bervariasi dibandingkan jalak kebo betina. Selain itu, jalak kebo jantan memiliki bulu yang berwarna hitam mengkilap dan lebih pekat bersih dibandingkan jalak kebo betina.

Dibandingkan jalak kebo betina, kaki jalak kebo jantan jauh lebih panjang dan terkesan lebih kuat. Keunikan karakteristik jalak kebo jantan lainnya terletak pada saat ia berkicau. Saat berbunyi, kepala jalak kebo jantan sembari diangguk-anggukan. Para penghobi burung juga sering membedakan jalak kebo jantan dan betina dengan melihat postur tubuhnya. Jalak kebo jantan memiliki postur tubuh yang relatif lebih panjang dan lurus, sementara jalak kebo betina memiliki postur tubuh yang terlihat gemuk dan pendek. Sebaiknya anda juga membuat sarang buatan untuk jalak kebo sebagai tempat tinggalnya.

Itulah ulasan terupdate mengenai jalak kebo mata putih selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *