Langkah Awal Memulai Bisnis Penggemukan Sapi Potong

Kebutuhan daging sapi potong di Indonesia saat ini masih besar dan sebagian dipenuhi dari impor dari negara lain. Hal tersebut membuka peluang untuk usaha bisnis sapi potong di Indonesia. Tantangan dari bisnis sapi potong ini sangat besar, termasuk sudah banyaknya pemain bisnis penggemukan sapi. Oleh karena itu untuk memulai usaha diperlukan Langkah Awal Memulai Bisnis Penggemukan Sapi Potong secara tepat dan akurat sehingga memiliki daya saing dan sukses.

Bisnis penggemukan sapi potong

Bisnis penggemukan sapi potong dengan skala besar memiliki tantangan yang tergolong berat dari segi area, modal, teknis produksi dan pemasaran. Kesalahan pada awal membangun bisnis penggemukan sapi potong perlu diminimalisir bahkan dihilangkan karena akan menambah beban terutama perputaran uang dimana sapi potong memiliki lama produksi minimal 2 bulan digemukkan. Langkah Awal Memulai Bisnis Penggemukan Sapi harus benar-benar direncanakan dengan baik agar menjadi titik tumpu dalam kesuksesan usaha.

Tips Langkah Awal Memulai Bisnis Penggemukan Sapi Potong adalah sebagai berikut:

MENENTUKAN TARGET PASAR

Menentukan target pasar menjadi hal yang penting dan utama sekaligus menjadi starting point sebelum memulai bisnis penggemukan sapi potong. Menentukan target pasar dimulai dari lokasi pemilihan lokasi usaha yang strategis akses mudah dijangkau, karakteristik konsumen (berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya) dan kapasitas potensi pasar potensial yaitu apakah akan dijual langsung ke konsumen pertama atau jagal sapi dengan kemampuan jumlah serapan pasar perhari.

SURVEY LAPANGAN

survey lapangan memiliki tujuan untuk mengetahui keadaan di lapangan meliputi target potensi pasar, besarnya skala pasar yang ada, transportasi, aksesbilitas oleh konsumen, survey biaya komponen usaha, bahan baku utama, sarana dan prasarana yang mendukung bisnis penggemukan sapi potong. Dalam survey pasar harus akurat dan sesuai dengan pelaku utama atau komponen yang ada di pasar misalnya peternak bakalan, jagal, Rumah Potong Hewan, feedlot dan pasar. Hal yang dihindari dalam awal membangun bisnis penggemukan sapi potong adalah menggunakan info riset sekunder (misalnya data statistik BPS)atau hasil riset pihak lain tidak akan memberikan gambaran sepenuhnya, Hanya menggunakan sumber informasi digital, dan Melakukan survei hanya secara subjektif hanya orang-orang yang dikenal. Seringkali ini ini dilakukan oleh pemilik bisnis baru yang sering kali kekurangan waktu dan uang dimana mengambil jalan pintas tersebut justru dapat menyerang balik keberlangsungan bisnis.

MEMBANGUN TEAMWORK

Jika merasa berat untuk memulai usaha penggemukan sapi sendiri, anda dapat membangun sebuah teamwork dalam bisnis penggemukan sapi. Teamwork akan meringankan kinerja karena masing-masing anggota bekerja sesuai dengan bidang keahlian. Disarankan dalam membangun bisnis penggemukan sapi ini memiliki teamwork tidak lebih dari 4 orang agar lebih mudah untuk kompak dan cepat bergerak.

MEMBUAT BISNIS PLAN

Bisnis Plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat inti dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan atau permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya. Struktur Bisnis Plan terdiri Ringkasan Eksekutif, Latar Belakang, Analisa Pemasaran, Analisa Produk, Analisa Produksi, Analisa Keuangan. Ringkasan eksekutif merupakan prinsip usaha, bagaimana usaha akan dibangun yang dijelaskan secara ringkas dan mudah dipahami. Analisa produksi menyangkut teknis sistem usaha penggemukan sapi yaitu sistem intensif dimana sapi tidak digembala dan berada di dalam kandang sehingga harus disediakan pakan dan minum untuk sapi. Oleh karena itu perlu diketahui dan direncanakan kebutuhan luasan perkandangan, bahan pakan, luasan lahan hijauan, obat dan vitamin. Analisa keuangan berisi tentang terkait pembiayaan atau modal serta pendapatan yang ditargetkan.

MENENTUKAN JUMLAH DAN SUMBER MODAL

Modal merupakan hal yang penting tetapi tidak harus disediakan oleh kita sendiri mengingat keterbatasan yang dimiliki. Jika kita memiliki bisnis plan yang jelas dan prospektif maka tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kerja sama atau mendapatkan pendanaan dari pihak perbankan.

MODAL UTAMA: KEBERANIAN UNTUK SEGERA MEMULAI USAHA

Keberanian dibutuhkan untuk memulai semua kegiatan wirausaha. kenyataan yang terjadi adalah seringkali dijumpai keragu-raguan dalam memulai langkah awal bisnis. Hilangkan bayang-bayang kegagalan, bulatkan tekat, yakini serta jalani dengan penuh rasa berani dan perhitungan yang akurat karena bagaimanapun kesuksesan ada di tangan manusia yang mau berusaha. Hal yang tidak kalah penting adalah berani untuk gagal dan semangat untuk selalu bangkit lagi karena bagaimanapun kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Ulasan Langkah Awal Memulai Bisnis Penggemukan Sapi Potong tersebut merupakan salah satu model yang diharapkan dapat memberikan pandangan bagi pemula. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *