Cara Membuat Pakan Komplit (Complete Feed) Untuk Penggemukan Sapi, Domba dan Kambing

Kebutuhan daging merah yaitu sapi, domba dan kambing terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut berbanding lurus dengan perkembangan usaha peternakan khususnya di untuk tujuan penggemukan yang tentunya berusaha untuk memenuhi kebutuhan daging. Dalam memenuhi permintaan tersebut, usaha penggemukan sapi, kambing, dan domba terus berusaha menemukan cara dengan mempercepat waktu panen dengan bobot badan sesuai permintaan pasaran melalui sistem pemeliharaan intensif di dalam kandang dan pemberian pakan dengan kualitas nutrisi yang baik. Salah satu cara pemberian pakan dengan kualitas nutrisi terbaik yaitu adalah melalui pakan komplit atau Complete feed yang merupakan pakan ternak yang lengkap yang bisa melengkapi dan memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ternak selama satu hari (24 jam). Pakan komplit merupakan kombinasi dari beberapa jenis bahan pakan misalnya bahan pakan hijauan, bahan pakan sumber protein, bahan pakan sumber serat, bahan pakan sumber mineral dan pakan suplemen. Pakan komplit pada perkembangannya bukan hanya digunakan oleh peternakan skala besar namun peternakan rakyat juga mengaplikasikan dikarenakan cara membuat pakan komplit (complete feed) untuk penggemukan sapi, domba dan kambing mudah dipraktekkan dan meberikan keuntungan bagi peternak.

Saat ini pakan komplit untuk penggemukan sapi, domba dan kambing telah tersedia di pasaran, meskipun demikian dengan dapat membuat pakan komplit memiliki keutamaan dibandingkan dengan membeli di pasaran. Keuntungan membuat pakan komplit sendiri yaitu menekan biaya pakan, peternak tidak perlu lagi mencari rumput (ngarit) setiap hari karena pakan komplit memiliki daya simpan yang relatif lama, dapat menjaga kualitas pakan komplit dari kerusakan saat transportasi dan pemalsuan, dapat menentukan sendiri bahan pakan bahkan jika salah satu bahan pakan langka dapat melakukan substitusi dengan bahan pakan lain, tidak bergantung terhadap feedmill pihak lain, dan jika mampu membuat pakan sendiri yang memiliki kualitas bagus dengan melakukan uji secara laboratorium dapat menjadi salah satu bidang usaha baru. Cara membuat pakan komplit (complete feed) untuk penggemukan sapi, domba dan kambing sebenarnya tidak sulit jika mengikuti ketentuan sesuai proedur dan dilakukan secara berurutan.

Prosedur step by step tentang cara membuat pakan komplit (complete feed) untuk penggemukan sapi, domba dan kambing akan dibahas seperti uraian di bawah ini:

KUALITAS NUTRISI PAKAN KOMPLIT

Kandungan nutrisi pakan sangat menentukan asupan nutrisi yang dikonsumsi ternak sehingga menjadi daging. Kualitas pakan komplit untuk penggemukan sapi, domba  dan kambing adalah memiliki protein kasar 14-16 %, kandungan serat kasar maksimal 18 %, dan kadar air maksimum 14%. Kualitas pakan tersebut mesti dipenuhi sehingga pakan komplit memberikan efek nyata terhadap pertumbuhan bobot badan ternak, bahkan dapat mengejar compensatory growth (pertumbuhan kompensatori) sehingga ternak dapat mencapai bobot badan sesuai target. Dengan memiliki acuan kualitas nutrisi pakan komplit maka akan mempermudah dalam perhitungan menyusun pakan komplit sesuai dengan bahan pakan yang digunakan. Selain itu faktor harga juga perlu diperhatikan sehingga harga pakan komplit ekonomis yang bermuara keuntungan bagi peternak. Harga atau biaya pakan komplit per kg usahakan tidak lebih dari Rp. 2.000,- sehingga mampu besaing dengan bahan pakan penggemukan yang ada di pasaran.

 

PERTIMBANGAN ASPEK KETERSEDIAAN DAN JARAK TRANSPORTASI BAHAN PAKAN

Dalam pemilihan bahan pakan untuk pakan komplit yang harus diperhatikan selain nutrisi dari masing-masing bahan pakan adalah kontinuitas beserta potensi kuantitas (jumlah) dari ketersediaan bahan pakan tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga stabilitas penyusunan bahan pakan karena dalam beberapa kasus inkonsistensi dari formulasi pakan komplit dapat menurunkan palatabilitas dan nafsu makan ternak sekalipun kandungan nutrisinya sama. Selain itu faktor jarak tempuh dan cara transportasi bahan pakan dari tempat asal menuju kandang ternak juga harus diperhatikan mengingat semuanya bermuara ke biaya pengeluaran.

ALAT DAN BAHAN

Alat yang digunakan dalam pembuatan pakan komplit yaitu mesin penepung yang digunakan untuk memperkecil ukuran bahan pakan, mesin pencacah atau chopper yang digunakan untuk mencacah pakan sehingga ukuran bahan pakan menjadi kecil, mixer pakan untuk mencampur semua bahan pakan, terpal sebagai alas, timbangan sebagai untuk menimbang bahan pakan sesuai dengan formulasi ransum, gayung untuk mengambil bahan pakan. Jika tidak memiliki mesin penepung, mesin pencacah dan mixer dapat menggunakan parang untuk menggantikan copper, sekop untuk mencampur bahan pakan.

PEMBUATAN PAKAN KOMPLIT

Dalam pembuatan pakan komplit yang harus pertama kali dilakukan adalah menghitung formulasi ransum sesuai dengan kualitas nutrisi pakan komplit. Setelah itu langkah berikutnya yaitu memperkirakan jumlah pakan komplit yang akan dibuat sehingga akan ketemu jumlah dari setiap

 bahan pakan yang harus dipersiapkan.

Bahan Pakan

Komposisi

(dalam %)

Komposisi

(per 1000 kg)

Harga bahan pakan (Rp/kg)

Harga pakan komplit (Rp/kg)

Bekatul

35

350

1.500

525

Polard

20

200

1.800

360

Onggok

20

200

900

180

Bungkil kedelai

8

80

5.500

440

Empok jagung

8

80

1.200

60

Tpung kulit kopi

5

50

1.200

96

Mineral mix

2,5

25

8.000

200

Garam dapur

1,5

15

1.400

21

Total

100

Total Harga

1.882

Selanjutnya adalah melakukan pencacahan dan penepungan sehingga ukuran bahan pakan. Bahan pakan sumber serat sebaiknya dicacah dengan mesin pencacah kemudian diletakkan diatas terpal agar tidak tercecer. Semakin kecil ukuran hasil cacahan yang kecil akan semakin baik karena saat pencampuran akan homogen (mudah tercampur dengan merata) dengan bahan pakan yang lainnya.

Langkah berikutnya adalah pencampuran bahan pakan, jika memungkinkan gunakan mixer pakan. Cara mencampur bahan pakan dalam pembuatan pakan komplit adalah mencampur pada skala proporsi yang kecil terlebih dahulu secara sedikit demi sedikit dan dilanjutkan pada bahan pakan yang mempunyai komposisi lebih besar hingga semua bahan pakan tercampur merata. Cara tersebut juga berlaku jika pencampuran diaduk manual dengan menggunakan sekop.

Setelah bahan pakan semuanya tercampur merata, dengan demikian pakan komplit sudah jadi dan dapat langsung diberikan ke ternak penggemukan sapi, domba dan kambing. Untuk mengetahui kualitas nutrisi dari bahan pakan sebaiknya lakukan analisis laboratorium yang telah sertifikasi ISO terutama analisis proksimat sehingga kualitas dapat diketahui dengan jelas. Untuk menjaga kualitas pakan komplit sebaiknya lakukan packaging atau pengemasan dengan menyimpan di dalam karung dan meletakkan di tempat yang sejuk, tidak lembab, tidak bersentuhan langsung dengan lantai dan aman dari gangguan hama yang dapat menurunkan kualitas pakan komplit. Untuk kepentingan pakan yang diperdagangkan sebaiknya kemasan dibuat yang baik dengan identitas produsen yang jelas sekaligus mencantumkan hasil analisis proksimat.

CARA PEMBERIAN PAKAN KOMPLIT KE TERNAK

Pemberian pakan komplit disesuaikan dengan kebutuhan pakan untuk ternak. Standar pemberian pakan adalah 10-15 % dalam bahan segar atau 2,5 – 3,5 % dalam bahan kering. Pemberian pakan tidak boleh kurang dari kebutuhan ternak karena setiap terjadi penurunan 1,0 % akan menyebabkan menurunnya pertambahan bobot badan sebesar 1,5-2,0 %. Pemberian pakan komplit di waktu awal biasanya membutuhkan adaptasi pakan terlebih dahulu sehingga porsi pemberiannya sebaiknya diberikan dalam proporsi yang bertahap.

Demikian prosedur step by step tentang cara membuat pakan komplit (complete feed) untuk penggemukan sapi, domba dan kambing. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam peternakan kita bahkan dapat membuka cabang usaha baru yaitu produsen pakan penggemukan untuk ruminansia.