Cara Membuat Tepung Singkong Aromatik

Cara Membuat Tepung Singkong

Masih bertemu lagi dengan saya penulis yang setiap malam akan mengupdate artikel pada blog kesayangan saya yaitu budidayapetani.com, pada artikel artikel sebelumnya saya telah menuliskan banyak tentang singkong, kini saya kembali membahas singkong namun berbeda dengan artikel singkong satu ini contohnya Cara Menanam Singkong Sukses, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang olahan yang bisa di buat oleh tanaman singkong ini. Mari simak penjelasanya di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan cara pembuatan tepung singkong aromatik, lalu apa bedanya dengan tepung singkong umumnya ?, baiklah akan saya jawab yang saya dapat dari berbagai sumber, tepung singkong aromatik di katakan berbeda dengan tepung singkong pada umunya karena rasanya yang lebih lezat dan manis, serta warna tepung aromatik ini putih dan bersih, untuk wangi tepunya sendiri harum tidak sama seperti tepung singkong pada umunya. Lalu bagaimana cara membuatnya ?, mari kita simak ulasnya di bawah.

Untuk tahap pembuatan tepung singkong ini sendiri ada 5 yaitu :

  1. Pengupasan Kulit
  2. Perajangan
  3. Fermentasi
  4. Penjemuran
  5. Pengemasan

Untuk tahap pertama yaitu pengupasan kulit umbi, setelah selesai kemudian hasil kupasan tersebut dicuci bersih dengan air, setelah disuci hingga bersih kemudian olahan tersebut di rajang atau di serut untuk menjadikan ukuranya lebih kecil, pada proses perajangan atau di serut umbi sebainya tetap pada keadaan terendam air, setelah di potong atau di ubah menjadi bagian yang lebih kecil kemudian saatnya umbi di fermentasi menggunakan larutan ragi, untuk dosisnya sendiri ialah Femipan 11 /gram di campur dengan kurang lebih 5 kg singkong dan diamkan selama 12 – 18 jam, setelah selesai di fermentasi kemudian serutan umbi tersebut di keringkan di bawah terik matahari selama kurang lebi 3 -5 hari atau jika kadar airnya kurang lebih 10%.

Jika panas sedang bagus atau cuaca sedang terik proses penjemuran bisa hanya memakan waktu 2 – 3 hari saja untuk pada proses penjemuran ini, setelah serutan telah kering, kemudian serutan digiling untuk mengubahnya menjadi tepung singkong aromatik.

Pada proses pengemasan perlu diperhatikan bahwa tepung singkong aromatik mudah sekali menyerap uap air di udara, oleh karena itu proses pengemasanya sendiri haruslah di kemas rapat pada kantong plastik jenis polietilen, apabali ada udara yang masuk maka tepung singkong aromatik akan di tumbuhi kapang sehingga tidak dapat digunakan untuk membuat bahan makanan seperti kue dan mie.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Membuat Tepung SingkongSemoga bermanfaat lur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *