Cara Memilih Lokasi Menanam Jeruk Terbaik

Cara Memilih Lokasi Menanam Jeruk Terbaik
Cara Memilih Lokasi Menanam Jeruk Terbaik

Cara Memilih Lokasi Menanam Jeruk.

Memilih lokasi penanaman jeruk pun menjadi salah satu hal yang penting untuk memulai membudidayakan atau menanam jeruk produksi untuk sebuah usaha atau bisnis, karena itulah alasan mengapa lokasi sangat menentukan hasil, pemilihan tempat yang kurang cocok akan membuat bibit jeruk sendiri sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Banyak faktor yang menunjang pemilihan lokasi yang tepat untuk jeruk itu sendiri yang diantaranya suhu, dari mulai ketinggian tanah, kostur tanah hingga intensitas suhu di daerah itu sendiri. Seperti yang sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya tentang Cara Menanam Jeruk Lengkap dan pada artikel saya kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana tips memilih lokasi penanaman jeruk yang baik untuk petani, dan untuk informasi selengkapnya  simak hal-hal berikut :

1. Iklim

untuk iklim disini adalah iklim yang ada di daerah yang akan digunakan untuk lokasi penanaman jeruk itu sendiri, iklim itu akan menentukan sebaiknya berapa ketinggian yang baik untuk di jadikan lokasi penanaman jeruk atau budidaya jeruk itu sendiri, dan berikut penjelasannya :

  • Jeruk dapat di tanam dai 40 derajat lintang utara hingga 40 derajat lintang selatan, artinya kordinat tersebut adalah kordinat yang cocok di dunia untuk penanaman jeruk.
  • Untuk daerah tropis penanaman jeruk dapat dilakukan di dataran yang rendah, untuk ketinggianya berkisar 650m di atas permukaan laut.
  • Sedangkan di daerah khatulistiwa jeruk dapat di tanam dengan ketinggian 2000 mdpl atau 2000 meter di atas permukaan laut.
  • Untuk suhu sendiri sebaiknya menanam jeruk di daerah suhu sekitar 25 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.
  • Intensitas cahaya matahari pun menjadi hal yang harus di perhatikan untuk melakukan penanaman jeruk karena jeruk manis yang kurang terpapar cahaya matahari akan mudah terserang penyakit dan pertumbuhan jeruk itu sendiri tidak optimal.

Untuk hal iklim sudah saya jelaskan faktor faktor yang semoga akan menjadi pertimbangan Anda untuk memulai menanam atau budidaya jeruk, selain iklim ada faktor lain yang juga mempengaruhi pertumbuhan dan dapat menjadi penunjang agar pertumbuhan jeruk menjadi optimal.

2. Tanah

Tanah menjadi hal penting karena merupakan media penanaman jeruk itu sendiri, dan berikut akan saya berikan kriteria-kriteria yang dapat menjadi referensi anda untuk menanam atau membudidayakan jeruk.

  • Untuk tanah pailng baik untuk penanaman jeruk ialah tanah berupa bekas endapan sungai, namun jeruk dapat tumbuh dengan kostur tanah berpasir hingga tanah liat berat.
  • Ketika tanaman jeruk mulai berbunga jeruk sangat memerlukan adanya air untuk memproduksi buah jeruk, namun pohon jeruk tidak akan tahan terhadap genangan air, oleh karena itu sebainya ketika anda memulai membudidayakan tanaman jeruk sebaiknya juga merancang drainase yang baik untuk menjaga kadar air terhadap tanaman jeruk.
  • Untuk Ph sendiri sebaiknya jeruk yang akan di tanam memiliki Ph dari 5 – 6.

Demikiahlah tutorial dan penjelasan saya tentang Memilih Lokasi Terbaik Untuk Menanam Jeruk. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *