Cara Menanam Bawang Putih Di Dalam Ruangan

Bisakah Anda menanam bawang putih di dalam ruangan? Jawabannya adalah ya, Anda pasti bisa menanam bawang putih di dalam ruangan. Menumbuhkan bawang putih di dalam ruangan sangat mudah sehingga bahkan tukang kebun pemula pun dapat menguasainya! Dalam posting ini, kami akan memberi tahu Anda semua tentang cara menanam bawang putih di dalam ruangan sehingga Anda dapat menikmati sayuran yang indah ini langsung dari kenyamanan rumah Anda.

Berkebun di dalam ruangan sangat ideal karena Anda dapat mulai tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Tidak ada masalah cuaca yang dapat mengganggu pabrik Anda dan Anda dapat mengontrol semua elemen. Menumbuhkan bawang putih di dalam ruangan memungkinkan Anda untuk menikmati umbi serta sayuran yang dapat Anda gunakan untuk menghias makanan Anda!

 

Panduan – Cara Menanam Bawang Putih Di Dalam Ruangan

cara menanam bawang putih

# 1. Pilih Tempat Menanam

Ketika memilih wadah untuk menanam bawang putih, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda menumbuhkan banyak bawang putih dalam satu pot, Anda akan membutuhkan pot yang cukup besar untuk membuat setiap kuku memiliki celah 4 inci. Wadah harus cukup dalam untuk memungkinkan akar tumbuh, menghasilkan daun hijau, dan membiarkan umbi tumbuh.

Gunakan Pot sedalam 8-12 inci akan ideal untuk menanam bawang putih. Pastikan pot ini memiliki lubang drainase yang baik. Anda dapat menggunakan hampir semua wadah yang Anda inginkan asalkan memiliki drainase yang baik. Untuk pot yang tidak memiliki lubang, Anda dapat dengan mudah membuatnya dengan alat yang tepat. Cukup gunakan bor atau solder untuk membuat beberapa lubang di bagian bawah.

# 2. Memilih Tanah yang Tepat

Anda harus menyediakan tanaman bawang putih dengan kondisi terbaik, karena akan sangat sulit bagi mereka untuk tumbuh dalam wadah. Hindari menggunakan tanah kebun dan sebaliknya gunakan tanah yang subur.

Pilih lantai yang permeabel dan tiriskan dengan baik. Beli campluran tanah yang bagus yang memungkinkan air bisa mengalir dan mencegah busuk. Anda juga bisa membuat campuran pot tanpa tanah dengan mencampurkan kelapa atau serat gambut, pupuk kandang atau kompos, dan vermiculite atau perlite. Campuran ini akan membantu mempertahankan kelembaban.

# 3. Siapkan Pot Bunga Sebelum Tanam

Sekarang Anda memiliki pot, sekarang saatnya mengisinya dengan tanah yang kaya. Pada titik ini, Anda juga bisa mencampur tanah dengan pupuk granular kecil, seperti 10-10-10. Isi wadah Anda dengan tanah hampir ke atas, dan kemudian sirami tanah dalam pot untuk membantu penggemburannya.

Penting untuk memberikan penyiraman yang baik sebelum menanam bawang untuk memastikan wadahnya terkuras dengan baik. Saat Anda menyiram, lihat lubang di bagian bawah untuk memastikan air mengalir dengan baik.

# 4 Tabur siung bawang putih

cara menanam bawang putih di dalam ruangan
Beli umbi bawang putih organik di pasar tradisional atau pasar modern, pastikan kualitasnya bagus. 1-2 hari sebelum tanam, pisahkan umbi, pastikan untuk memegang cangkang untuk melihat siung masing-masing. Anda harus memilih siung yang lebih besar karena mereka akan memiliki peluang terbaik untuk tumbuh ketika ditanam.

Di tanah pot Anda, buat 3 lubang terpisah sekitar 5 inci dan kedalaman 2-3 inci. Cobalah untuk tidak menanam lebih dari 3 siung bawang putih per wadah karena mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk akar tumbuh dengan baik.

Tempatkan siung di lubang dengan ujungnya yang rata mengarah ke tanah, karena dari sanalah akarnya berasal. Mengubur siung Anda dengan campuran kompos di atasnya. Jangan letakkan lebih dari satu siung per lubang karena ini tidak akan menyebabkan pertumbuhan. Ketuk tanah dengan lembut untuk mengubur siung bawang putih.

Tempatkan pot di tempat yang cerah dan siram dengan baik sampai Anda melihat air mengalir keluar dari lubang pembuangan. Ini akan membantu campuran mengendap di bawang putih untuk menghidrasi mereka dan membantu kecambah keluar.

# 5 Berikan Cahaya Yang Memadai

Agar tanaman Anda berhasil tumbuh, Anda harus memberi mereka sinar matahari setidaknya 6-8 jam per hari. Untuk melakukan ini, letakkan di jendela menghadap barat atau selatan yang menerima banyak sinar matahari. Anda juga dapat menempatkan wadah di dekat ambang jendela atau di mana pun ia menerima setidaknya 6 jam sinar matahari langsung per hari.

Jika Anda tidak memiliki jendela cerah atau ruang interior di bawah sinar matahari langsung, jangan khawatir. Anda selalu dapat menggunakan lampu neon atau lampu tumbuh di dalam ruangan untuk membantu tanaman Anda tumbuh. Lampu pertumbuhan bisa sangat mudah dan efektif untuk digunakan.

# 6. Penyiraman

Bawang putih menyukai tanahnya yang lembab dan tidak lembek, jadi pastikan Anda tidak merendamnya saat Anda menyiramnya. Jumlah air dan frekuensi penyiraman akan tergantung pada kondisi di sekitar rumah, seperti suhu, sinar matahari, dan kelembaban. Saat cuaca cerah, sirami tanaman bawang putih Anda 2-3 kali seminggu.

Siram secara teratur sampai Anda melihat air keluar dari lubang pembuangan, dan selalu pastikan untuk tidak terlalu jenuh tanaman.

# 7. Pupuklah

Bawang putih dalam ruangan membutuhkan jumlah pupuk yang baik untuk tumbuh dengan baik. Pupuk sekali atau dua kali sebulan selama musim panas dengan pupuk ikan, tepung rumput laut, atau pupuk organik untuk keperluan umum.

Anda juga bisa menggunakan pupuk organik encer. Tambahkan saja ke air yang Anda berikan pada tanaman untuk memastikan memiliki cukup nutrisi.

# 8. Panen Bawang Putih

Untuk bawang putih, Anda harus membuat dua panen berbeda, karena Anda bisa memanen sayuran dan umbi.

Panen Sayuran Bawang Putih:

  • Tunggu sampai sayuran setinggi 4-6 inci untuk dipanen.
  • Setelah sayuran mencapai 4-6 inci, pangkas sayuran di pangkal dengan gunting yang menyisakan 1 inci pertumbuhan.
  • Selama enam bulan ke depan, teruslah memotong sayuran agar tanaman lebih fokus pada pertumbuhan umbi.
  • Gunakan sayuran yang baru dipanen sebagai hiasan di dapur Anda!

Panen umbi bawang putih:

  • Umbi bawang putih akan siap untuk mengumpulkan setelah 8-10 bulan.
  • Ketika Anda melihat sayuran mulai menjadi cokelat dan mati, saatnya panen.
  • Lepaskan umbi dari tanah dengan lembut dan bersihkan kelebihannya.
  • Gantung umbi di ruang kering untuk dikeringkan. Diperlukan waktu 2 hingga 3 minggu untuk kering atau kering sepenuhnya.
  • Setelah bawang putih Anda kering, gunakan sesuka Anda.

Apakah Anda suka posting Cara Menanam Bawang Putih ini? Tempel, Bagikan, dan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *