Cara Menanam Bayam Terlengkap

Cara Menanam Bayam Terlengkap
Cara Menanam Bayam Terlengkap

Cara Budidaya Bayam.

Wah tidak terasa saya sendiri telah menulis banyak sekali artikel mengenai cara budidaya , cara menanam, hingga cara merawat, gizi dan manfaat tanaman untuk kehidupan manusia, Contoh artikel saya yang telah saya publikasi seperti Cara Menanam Singkong Sukses, artikel tersebut adalah artikel dimana saya menjelaskan secara gamblang tentang teknik teknik menanam singkong yang benar. Namun pada kesempatan kali saya akan  membahas tanaman lain lagi, Bayam, benar sekali, bayam merupakan tanaman atau sayuran yang tidak asing lagi bagi kebanyakan Masyarakat Indonesia.

Sebelum masuk pada teknik penanaman Bayam alangkah baiknya apabila kita mengenal terlebih dahulu jenia jenis bayam yang tentunya sering kita jumpai di Indonesia. Dan berikur daftar jenis bayam yang ada di indonesia.

  • Bayam Cabut

Bayam cabut mempunyai ciri ciri ialah batangnya berwarna merah, namun untuk jenis bayam cabut ada pula yang batangnya berwarna hijau keputih – putihan.

  • Bayam Petik.

Ciri ciri bayam petik ialah pada bayam ini mempunyai daun yang berwarna hijau serta mempunyai ukuran daun yang lebar, namun untuk jenis bayam petik juga terdapat ciri ciri mempunyai daun yang berwarna agak kemerah merahan.

  • Bayam Cabut dan Petik

Pada jenis bayam yang dapat di cabut dan di petik ini mempunyai ciri ciri yaitu tanaman bayam yang berbatang tegak dengan ciri ciri pada daun berwarna hijau keabu – abuan.

Stelah mengetahui ciri ciri bayam dan jenis jenis bayam yang ada di Indonesia, kemudian kita masuk pada topik masalah yaitu bagaimana cara menanam bayam dengan baik dan benar tentunya dapat menguntungkan para petani. dan berikut penjelasanya.

Persiapan Bibit

Persiapan bibit dapat dimulai dengan mencari bibit dari tanaman bayam yang super kualitasnya, bibit bayam yang baik ialah bibit bayam yang berusia kurang lebih sekitar 3 bulan, mengapa harus dengan usia 3 bulan ?, jawabanya ialah benih bayam dengan usia yang muda cenderung daya simpanya rendah, dan tingkat perkecambahanya rendah.

Persiapan Pembuatan Bedengan

Bedengan di buat dengan cara di cangkul atau di bajak dengan ukuran lebar 1 meter dengan ketinggian tanah sekitar 30 cm, pembuatan bedengan ini dapat dilakukan dengan membuatnya membujur dari barat ke timur supaya mendapat intensitas cahaya matahari yang optimal untuk pertumbuhan bayam, dan jangan lupa memberi jarak antar bedengan dengan jarak kurang lebih 30 cm dari bedengan yang satu dengan yang lain.

Pemberian Pupuk Sebelum Tanam

Pada tahap ini dilakukan setelah perataan bedengan yang telah dibuat dan telah sesuai antara jarak, panjang dan juga bujurnya, kemudian dilakukan pemberian pupuk sebagai dasaran seitar 2 hari sebelum tanam, untuk dosis atau kadar pupuk itu sendiri ialah4kg permeter persegi, pupuk disini dapat berupa pupuk organin yang terbuat dari kotoran ayam atau yang sering disebut pupuk kandang.

dan pada saat 10 hari setelah masa tanam anda dapat memberikan pupuk urea sebagai pengawal tumbuhnya bayam dengan dosis 15 gram per meter persegi, pemberian pupuk pada masa setelah tanam ini sebaiknya anda lakukan pada saat sore hari.

Penanaman

untuk proses penanamanya sendiri terdapat 3 cara yaitu dengan cara penaburan, pelarikan dan simai, pada teknik penanaman dengan teknik penaburan anda dapat mencampurkan bibit bayam dengan pupuk kandang kemudian disebarkan ke atas bedengan secara merata, untuk teknik dengan pelarikan anda dapat melakukanya dengan membuat larikan dengan jarak 10 – 15 cm kemudian ditutup kembali dengan tanah. Dan untuk teknik penanaman dengan cara menyemai dapat dilakukan dengan memakai media tanam bibit bayam di tanam dan setelah bayam tumbuh atau berumur sekitar 10 – 15 hari kemudian bayam dipindahkan kedalam bedengan dengan jarak tanam 50 x 30 cm, untuk teknik penyemaian sendiri biasanya di adopsi untuk tanamanya dengan jenis bayam petik.

Demikianlah artikel dari saya tentang Cara Budidaya Bayam LengkapSemoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *