Cara Menanam Cabe Lengkap

cara menanam cabe dengan muda

Cara menanam Cabe Sukses pdf

Bagaimana kabarnya saudara sekalian para petani sukses ? masih setia dengan budidayapetani.com ? baiklah jika sebelumnya kita telah banyak sekali membahas tentang pepaya, kali ini kita akan bahas yang lain yaitu cabai, kali ini cabai akan kita kupas tuntas dari penanaman hingga pada proses pemanenenan, karena utamanya saya senang berbagi ilmu khususnya ilmu yang sudah saya baca dan pelajari kepembaca sekalian.

jika anda ingin membaca artikel saya sebelumnya mari disimak artikel seputar tentang pepaya di Cara menanam Pepaya sukses, atau artikel saya sebelumnya tentang jeruk di Cara Menanam Jeruk Lengkap , silahkan di baca dan di share untuk berbagi ilmu.

oke kembali ketopik pembahasan kita kali ini yaitu tentang cabai, siapa yang tidak mengenal cabai ? tumbuhan yang sangat umum di masyarakat ini adalah komuditas terpenting di dapur ibu rumah tangga benar ? sangat benar terutama mereka yang menyukai masakan pedas umumnya akan sangat akrab sekali dengan cabai ini. nah bagaimana jika kita akan menanamnya sendiri ? untuk menurukan total uang belanja bulanan ibu / istri anda, nah saya akan jabarkan caranya di bawah dengan lengkap, mari kita simak.

  • Pengadaan Benih

Benih disini sangat memperngaruhi akan produksi cabai di selanjutnya, terutama untuk tahan akan terhadap musim dan serangan hama, Anda dapat membeli benih cabai dari produsen atau membuat nya sendiri, namun untuk benih yang di beli dari produsen akan terjamin mutunya karena dari proses perkecambahan akan mayoritas berhasil, beda dengan memlih sendiri karena ada saja benih yang tidak tumbuh atau benih yang mudah terserang hama.

  • Pengolahan Tanah

Sebelum memulai penanaman cabai hendanya menyiangi tanah agar udara dapat bertukar dengan baik serta unsur hara yang terdapat di dalam tanah dapat berganti, serta untuk menghilangkan tanaman tanaman parasit atau pengganggu benih cabai yang akan kita tanam, dan berikut akan saya jabarkan kriteria – kriteria pemilihan tanah yang baik untuk proses penanaman  cabai :

  1. Tanah dengan tekstur gembur dengan cukup dalam.
  2. Proses penyerapan air tanah harus cukup baik pada musim hujan.
  3. Hindari tanah dengan banyak terdapat batu.
  4. Pilih yang bukan dari jenis tanah padat atau tanah yang sukar menyerap air.
  • Penanaman
  1. Bentuklah pola segitiga dengan jarak dari satu lubang kelubang lainya sekitar 50 -60 cm, dan jarak antara satu baris yang satu dengan yang lain hendaknya 60 – 7- cm.
  2. Buatlah lubang dengan kedalaman 8 – 10 cm dan untuk diameter lubang mulsa haruslah lebih besar sedikit dari pada diameter polibag.
  3. Bongkar plastik polibag dengan perlahan agar media tanam tidak rusak dan letakan di dalam lubang yang telah kita buat tadi, untuk proses penanaman tidaklah harus terlalu dalam atau sebatas leher media semai.

Untuk media tanam yang telah berusaia 15 – 17 hari siap untuk di pindahkan ke media tanam, atau apabila cabai telah memiliki 3 – 4 daun, penanaman yang baik ialah pada saat hari tidak terlalu terik atau bisa juga sore hari untuk menghindari cuaca terlalu panas, dangan jangan lupa untuk menyemprotkan 1 -3 hari sebelum memindahkan media tanam dari polibag ke lubang tanaman.

Nah demikianlah pembahasan kita tentang Cara Menanam Cabe dengan baikSemoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *