Cara Menanam Jahe Merah di Polibag

Siapa yang tidak kenal dengan jahe merah? Tanaman sejuta manfaat ini sudah dikenal khasiatnya. Cara menanam jahe merah sendiri juga mudah. Bahkan sekedar meletakkan rimpang di dalam tanah saja, sudah bisa tumbuh. Namun untuk budidaya tanaman Zingiber Officinale Var Rubrum Rhizoma ini perlu teknik khusus.

Cara Menanam Jahe Merah

Akan tetapi, untuk bisa bercocok tanam jahe dengan hasil bagus diperlukan lahan yang gembur subur. Lalu, bagaimanakah jika media yang dimiliki sangat terbatas, tapi ingin menanam jahe? Bukan masalah, karena ada solusi untuk ini. Adalah memanfaatkan media polybag.

Benar sekali, salah satu cara menanam jahe ini menggunakan polybag. Media tanah yang berada dalam kantong plastik ini sangat cocok dipilih. Satu rimpang jahe bisa tumbuh menjadi besar dan banyak.

Cara Menanam Jahe Merah Dengan Polybag

Berikut adalah penjelasan tata cara menanam tanam jahe merah di medi terbuka, polybag:

  1. Menyiapkan media tanam dengan rasio yang tepat. Tanah dan pupuk kandang dalam wadah harus memiliki perbandingan 1:1. Setelah disiapkan media harus didiamkan selama satu minggu. Tujuannya agar terjadi proses fermentasi alami. Dengan demikian, lahan siap dan bagus untuk digunakan.
  2. Pemilihan bibit jahe merah yang tepat.  Di pasar tradisional umbi bibit dapat ditemui dengan mudah. Ada banyak rimpang, tapi tidak semuanya cocok untuk dijadikan bibit.Adapun ciri-ciri rimpang yang bagus untuk bibit adalah:

    – Memiliki daun yang hijau segar dengan batang besr dan tidak kering ataupun keriput
    – Pilih rimpang jahe dengan warna yang merah
    – Umbi atau rimpang tampak berisi atau padat

  3. Setelah bibit memperoleh bibit berkualitas, simpan di tempat yang sejuk. Letakkan pada wadah kemudian sirami dengan air secara berkala.
  4. Selama menunggu tunas rimpang tumbuh, terkadang ada bibit yang busuk. Jadi bisa dibuang agar tidak menularkan ke bibit lainnya.
  5. Saat tunas jahe sudah tumbuh, saat itu pula bibit siap ditanam di media yang telah disiapkan.
  6. Tunggu sampai tanaman dengan akar rimpang ini siap untuk dipanen dalam kurung waktu sekitar 10-12 bulan.

Keuntungan Menanam Jahe Dengan Polybag

Setelah jahe ditanam di media polybag, perawatan seperti menyirami air tetap harus dikerjakan. Pemberian dapat dilakukan secara teratur pada bagi dan sore hari. Selain iti berikan juga perawatan penunjang lainnya, agar budidaya berjalan lancar denhan hasil panen bagus.

Cara menanam jahe merah di polybag ini rupanya menjadi strategi lain dalam budidaya rimpang tersebut. Selain sebagai cara lain, menanam umbi beraroma khas di polybag ini mempunyai banyak keuntungan. Beberapa diantaranya:

  • Pilihan alternatif ketika tak ada lahan tanah yang memadai
  • Praktis dan mudah perawatannya
  • Dapat memaksimalkan hasil panen jahe meskipun di lahan sempit
  • Tanah gembur dan subur dapat dipersiapkan dengan rasio yang pas
  • Jika sewaktu-waktu tanaman akan dipindahkan lebih prkatis
  • Penataan media lebih ringkas

Sukses dalam bercocok tanam tanaman jahe merah tidak selalu identik dengan adanya lahan luas. Dari wadah plastik yang disebut polybag, dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Alhasil, punya alternatif lain meskipun dalam keterbatasan lahan.

Dengan adanya polybag, cocok tanam jahe tak lagi masalah. Kenapa harus jahe, kenapa tidak tanaman yang lain? Sebab jahe merupakan salah satu tanaman yang cocok dibudidayakan di polybag.

Cara menanam jahe merah di rumah sendiri, pekarangan maupun di mana saja tak jadi masalah, bukan? Sekarang atau nanti, jahe merah siap dijadikan pilihan bercocok tanam yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *