Cara Menanam Pepaya Lengkap

Cara Menanam Pepaya Lengkap

Salam Pembudidaya sukses saudaraku, hari ini hari yang baik untuk berbagi kelanjutan dari tips yang pernah saya tulis di bagian sebelumnya di blog ini, yang salah satunya ialah Cara Menanam Jeruk Sukses , nah artikel tersebut merupakan tips dan trik cara menanam buah jeruk lengkap, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara total tentang cara menanam atau membudidayakan pepaya secara rinci dan penjelasanya.

dan untuk hal pertama mari kita berkenalan dengan buah pepaya, Pepaya adalah buah yang sangat umum dijumpai di Indonesia, dan juga pepaya mendapatkan julukan yaitu salah satunya buah meja. Sebenarnya pepaya berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah, tanaman pepaya adalah jenis tanaman mempunyai umur yang pendek dan merupakan tanaman yang cepat tumbuh. Buah pepaya adalah salah satu buah yang dapat di budidayakan dengan iklim tropis maupun iklim subtropis. oleh karena itu mari kita simak cara membudidayakan tanaman pepaya di Indonesia, dan berikut langkah – langkahnya :

1.Persiapan Bibit

Pengambilan bibit sebaiknya di ambil dari buah pepaya dengan ukuran yang besar dan merupakan tanaman pilihan atau yang sengaja di kembangkan untuk memperoleh bibit yang unggul, kemudian pastikan buah pepaya yang akan di ambil biji pepaya bebas dari penyakit , tidak cacat dan telah masak di pohon.

2.Persemaian

Pada proses ini telah sampai ke pengisian media ke polubag dengan ukuran 20×15 cm, untuk bahan media sendiri yaitu 2 ember tanah yang telah diayak dan di tambah 1 ember pupk kandang yang telah di ayak juga. dan jangan lupa untuk menambahkan TSP sebanyak 50 gram yang telah di haluskan dan 29 gram curater / petrofar.

3. Penanaman

Setelah bibit di dalam polybag telah berumur 1 – 1,5 bulan media tersebut dapat di pindahkan ke lubang penanaman yang telah di sediakan, dan pada setiap lubang diisi 4 -5 bibit pepaya dan jangan lupa mengganti bibit pepaya yang telah mati atau yang perkembangan bibit tersebut tidak optimal.

4. Pemeliharaan

Bibit yang telah di pindahkan ke lubang media tanam tersebut agar sebaiknya di cek kembali kondisi pertumbuhanya, pemeliharan disini juga berarti tentang penjarangan, penyulaman, penyiangan, dan pembubuhan.

5. Panen

Dan setelah pepaya berusia 7 -9 bulan pepaya dapat di panen, untuk produktifitas pepaya itu sendiri yaitu 28 – 30 bulan, untuk cara membedakan pepaya masak atau belum untuk masuk terhadap proses pemanenan yaitu dapat diketahui dengan cara memperhatikan buah pepaya yang mulai kekuningan dengan luas sekitar 25 %.

Dan diatas merupakan langkah langkah menanam buah pepaya, dari mulai proses pemilihan bibit hingga proses pemanenan, untuk tips berikutnya akan saya jabarkan pada artikel saya selanjutnya, dan sekian artikel saya tentang Cara budidaya Pepayasemoga bermanfaat.