Cara Menanam Singkong Lengkap

Cara Menanam Singkong Lengkap
Cara Menanam Singkong Lengkap

Cara Budidaya Singkong Lengkap pdf

Bertemu lagi dengan penulis yang setia membagikan artikel tentang bidang peternakan dan pertanian setiap hari.  Sebelumnya saya telah menulikan artikel tentang beberapa buah dan tanaman di dalam artkel sebelumnya contohnya Cara Menanam Cabe Sukses atau artikel saya yang lain Cara Menanam Pepaya Lengkap, nah pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel artikel tentang pohon singkong dan semoga menjadi panduan yang baik anda dalam rencana memulai menanam atau budidaya singkong. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

  • Pembibitan

Yang pertama ialah bibit, bibit yang baik ialah yang sudah sebagai berikut :

  • Umur indukan ketela haruslah sudah mencukupi 10 – 12 bulan.
  • Belum muncul tunas baru di batang ketela.
  • Batang lurus dengan diameter 2,5 cm.
  • Indukan harus terhindar dari cacat fisik atau terhindar dari hama dan penyakit.

langkah selanjutnya :

  • Pengolahan Media Tanam

Langkah selanjutnya ialah pembukaan lahan pembukaan lahan disini berarti ialah membersihkan dari segala gulma atau tumbuhan liar di tempat dimana lahan yang akan di tanami singkong nantinya. Hal ini sangat penting karena nantinya jika tidak dibersihkan unsur unsur hara di dalam tanah akan di serap oleh tumbuhan liar sehingga pendapatan panen akan menurun.

  • Pembentukan Bedengan

Pembentukan bedengan disin bertujuan ialah agar kita mudah menanam bibit singkong tadi dengan membuat garis lurus atau yang biasa disebut pelarikan, selain untuk mempermudah penanaman pohon singkong pelarikan ini juga mempermudah petani untuk menyiangi tanaman liar yang menggannggu tanaman singkong yang ditanam.

Tips lainya ialah untuk tanah gambut atau tanah yang tingkah PH nya kecil perlu dilakukan pengapuran untuk meningkatka PH di dalam tanah, pengapuran ini dapat dlakukan bersamaan dengan pengolahan media tanam tadi. untuk dosis kapur sendiri ialah 1 – 2,5 ton per hektar.

  • Teknik Penanaman

Penentuan pola :

Untuk pola penanaman dengan sistem tumpang sari gunakan jarak tanam  150 X 100 cm atau 300 X 150 cm, untuk alternatif lainya bisa menggunakan jarak yaitu  100 X 100 cm, 100 X 60 cm atau 100 X 40 cm, pola penanaman ini haruslah memperhatikan curah hujan dan musim, untuk kontur tanah yang kering sebaiknya melakukan penanaman setelah padi ditanam atau awal musim hujan.

Cara Penanaman :

Runcingkan bagian bawah stek kemudian masukan kedalam tanah sepertiga bagian stek atau sekitar 5-10 cm, untuk kontur tanah kering sekali atau terlalu keras dan terlalu basah sebaiknya di tanam dangkal saja.

Dan Seperti itu telah saya jelaskan, baiknya untuk memperhatikan detail antara modal, dan seberapa besar lahan yang akan di tanami singkong perlu di perhitungkan, dan sekian artikel dari saya tentang Cara Menanam Singkong atau Budidaya Singkong Lengkap Pdf. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *