Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Burung perkutut merupakan salah satu burung yang mempunyai sifat setia dengan pasangannya. Ukuran tubuh burung perkutut betina lebih kecil dari burung perkutut jantan. Warna bulu perkutut biasanya berwarna coklat, kepalanya berwarna abu-abu dan ekornya agak coklat disertai garis-garis kecil di lehernya. Matanya berwarna abu-abu, paruhnya abu-abu dan kaki berwarna merah sedikit kearah warna merah jambu. Burung perkutut tidak dapat bertelur dengan jumlah banyak, biasanya sekali bertelur hanya 2-3 ekor telur yang bisa dihasilkan.

Burung perkutut ini berbeda dengan burung kicau lainnya seperti burung kenari atau burung cendet yang bisa berkicau dengan kicauan yang variasi. Burung perkutut mempunyai suara yang monoton. Walaupun begitu, banyak sekali orang yang hobby memelihara burung perkutut. Burung perkutut adalah burung pemakan biji-bijian, adapun biji-bijian yang biasa menjadi makanan burung perkutut adalah millet, jewawut, dan gabah berukuran kecil (Gabah lampung).

Cara Merawat Burung Perkutut

Jika anda pernah mengalami burung perkutut yang tidak mau bunyi atau berbunyi namun tidak seperti yang anda harapkan. Jika pernah mengalami seperti itu, dapat dipastikan bahwa perawatan burung perkutut anda masih belum maksimal.Pada dasarnya burung perkutut yang sehat dan senang hatinya akan rajin bunyi. Apalagi bila burung perkutut telah birahi (sudah senang lawan jenis/cukup umur) dapat dipastikan bahwa burung siap untuk rajin berbunyi. Maka dari itu, ada hal-hal yang harus anda cermati, untuk mempersiapkan burung perkutut yang rajin bunyi.

Yang pertama, kenali kesehatan burung perkutut anda. Ciri burung perkutut yang sehat secara umum yaitu berbulu mulus, halus serta tidak mengorok. Burung juga tidak kurus serta tidak terlampau gemuk. Burung yang terlampau gemuk condong malas bunyi, nah permasalahan ini umum terjadi bagi yang kurang mengerti tentang perawatan burung perkutut.

Cara Membuat Burung Perkutut Rajin Berbunyi

Burung yang sehat juga mempunyai kotoran yang agak bulat serta solid. Umumnya berwarna agak kecoklatan serta agak padat sesudah jadi kering. Burung yang kotorannya berairmengisyaratkan kurang sehat umumnya cacingan. Namun kadang-kadang ada burung yang sangat gemar minum hingga kotorannya berair layaknya mencret. Kotoran yang berwarna hijau juga mengisyaratkan burung perkutut yang kurang sehat.

Jika burung perkutut anda sudah sehat, untuk membuat burung perkutut anda rajin berbunyi, anda harus membuat burung perkutut selalu merasa senang, karena burung perkutut yang merasa senang akan rajin berkicau. Buat burung perkutut anda merasa nyaman dengan cara memberikan pakan kesukaannya. Telah wajar bila perkutut suka sekali mengacak-acak pakannya sampai kadang-kadang berantakan di lantai. Bila terlampau banyak yang di buang bermakna pakan tersebut tidak di sukai perkutut.

Cara mengetahui makanan apa yang disukai burung perkutut dengan cara memisahkan beberapa jenis makanan yang biasa diberikan pada burung perkutut anda. Jika salah satu jenis makanan ada yang paling cepat habis, maka makanan itu lah yang paling disukai burung perkutut anda. Dengan begitu burung perkutut peliharaan anda akan rajin berbunyi.

Langkah berikutnya anda harus mengetahui lokasi gantungan yang paling disukai burung perkutut anda. Caranya adalah dengan mencoba menggantung sangkar burung perkutut anda pada beberapa tempat. Setelah mengetahui lokasi yang disukai, anda harus menggantung sangkar di tempat favorit burung perkutut itu. Setelah rajin berbunyi, pindah lokasi yang lain agar burung perkutut peliharaan anda biasa berbunyi dimanapun berada.

Jika burung perkutut anda sudah bisa berkicau dimanapun lokasinya, maka sering-seringlah memeanduikan burung perkutut peliharaan anda. Bila panduan diatas telah di cobalah serta belum sukses, maka anda mesti membuatnya birahi. Cara gampang saja, jodohkan dengan betina atau di umbar dengan sebagian ekor betina sekalian di kandang umbaran atau di sesuatu sangkar berukuran agak besar.

Upayakan betina yang anda satukan dengan perkutut yang paling disayangi anda berusia lebih muda serta perkutut yang paling disayangi anda mesti masuk umbaran duluan 1 hari pada mulanya agar dia lantas yang berkuasa di kandang tersebut. Kalau berkelahi biarlah saja sepanjang perkutut yang paling disayangi anda yang menang. Biarlah kejar-kejaran terlebih sampai bekur serta jodoh.