Cara Merawat Singkong Dengan Baik

Cara Merawat Singkong Dengan Baik

Cara Merawat Singkong Lengkap.

Masih dengan saya penulis yang akan menuliskan tentang cara merawat singkong dengan baik, jika pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan cara menanamnya atau anda bisa lihat artikelnya di Cara Menanam Singkong Sukses kali ini masuk keproses perawatan, karena perawatan akan sangat menentukan berhasilnya panen atau tidaknya pada akhirnya nanti, oleh karena itu pentingnya merawat tanaman yang telah kita budidayakan atau yang pada kesempatan kali ini kita bicara mengenai singkong. Untuk lebih jelaskan mari kita simak deskripsi tentang merawat singkong di bawah ini.

  • Penyulaman Bibit.

Penyulaman disini berarti mengganti bibit yang telah mati denga bibit baru yang sehat, penyulaman itu sendiri baiknya dilakukaan pada saat matahari tidak terik atau baiknya di lakukan pagi atau sore hari. Untuk jangka waktu batas penyulaman yang baik itu antara satu minggu hingga dua minggu pertama setalah penanaman bibit ke media tanam, jika melebih dari waktu tersebut maka akan terjadi perbedaan tumbuh singkong yang mencolok pada usia usia selanjutnya.

  • Penyiangan

Sudah tidak asing lagi dengan penyiangan, perawatan singkong juga haruslah di lakukan penyiangan karena bertujuan untuk menghilangkan gulma – gulma atau tumbuhan pengganggu yang akan menyerap zat zat atau unsur hara sehingga pertumbuhan singkong dikhawatirka tidak maksimal.

  • Pemupukan.

Pemupukan baiknya dilakukan pada tanam dengan dosis NPK 1 /3 banding 1 banding 1/3 dengan komposisi Urea=133–200 kg; TSP=60–100 kg dan KCl=120–200 kg untuk pemupukan dasar. dan apabila tanaman sudah berumur 2-3 mingu komposisi pemukanya 2/3 banding 0 banding 2/3.

  • Manajemen Air

Pada saat musim kemarau tanaman sinkong akan banyak memerlukan air, penyiraman langsung dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air, namun cara yang lebih baik adalah dengan membuat genanang di sekitar media tanam untuk emnjaga kelembaban air di tanah, karena pada waktu singkong memasuki usia  kurang lebih 4 – 5 bulan akan baik pertumbuhanya jika kondisi tanahnya lembab.

  • Penyemprotan Hama dan Penyakit

Penyemprotan ini bertujuan untuk memusnahkan ham dan penyakit yang menyerang tanaman singkong, untuk dosisnya sendiri sebaiknya membaca pada kemasan jenis pestisida yang akan digunakan. Penyemprotan pestisida harus esuai dengan jenis hama dan penyakit. Waktu yang baik untuk melakukan penyemprotan ialah pada saat setelah hilangnya embun atau pagi hari abisa juga di lakukan pada sore hari.

Tips merawat tanaman singkong diatas bertujuan agar petani singkong memperoleh hasil yang maksimal pada sat pemanenan , agar budidanya tidak gagal panen dan merugi. Sekian artikel saya kali ini tentang Cara Merawat Singkong Pdf. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *