Cara Merawat Tanaman Cabe

cara merawat tanaman cabai

Cara Merawat Tanaman Cabe Lengkap.

Pada awal awal sebelumnya telah saya menuliskan di blog budidayapetani.com tentang Cara Menanam Cabe Sukses , kali ini saya akan menuliskan artikel lainnya tentang bagaimana cara merawat cabai yang telah kita tanam agar bertumbuh dengan baik dan berproduksi secara maksimal untuk memperoleh keuntungan sebesar besarnya.

Merawat tanaman memang perlu dilakukan dengan tekun untuk mencapai hasil yang maksimal, oleh karena itu akan terjadi perbedaan sangat mencolok tentang berapa jumlah produksi cabai yang terawat dengan tanaman cabai yang dibiarkan begitu saja, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara terperinci tentang hal itu, mari kita simak.

  • Ganti tanaman atau bibit yan telah mati dengan bibit yang baru, sebaiknya lakukan pada pagi atau sore hari karena cuaca tidak terlalu terik, dan lakukan pergantian tanaman setelah satu – dua minggu setalah penanaman ata pemindahan bibit ke lahan tanam yang telah kita buat.
  • Lakukan penyiangan pada bagian pinggir tanaman cabai namun jangan sampai merusak atau melukai batang cabai yang telah kita tanam, angkat kembali tanah yang telah terkekis oleh air, penyiangan ini bertujuan agar tanaman gulma atau pengganggu tidak tumbuh leluasa agar tanaman cabai dapat menyerap zat tanah dengan maksimal.
  • Singkirkan tunas tunas yang berlebihan di bagian ketiak daun.
  • Pemberian pupuk teratur dengan jangka watu setiap 10-14 hari sekali dengan jenis pupuk yang sesuai, misalkan untuk pupuk akar anda dapat menggunakan Complesal Special Tonic, sedangkan untuk pupuk bunga dan buah  anda dapat menggunakan pupuk kemiral red.
  • Pemumukan akar juga bisa dilaksanan dengan komposisi campuran 24, urea, TSP, KCL dengan perbandingan 1:1:1:1 dengan dosis 10 gr/tanaman pemupukan dengan cara ini bisa dilaksanankan ketika umur tanaman ialah 50 – 65 setelah penanaman dengan cara dicungkil diantara dua tanaman dalam satu baris tanaman cabai.
  • Lakukan penyiraman ketika musim kemarau dengan jara kocoran atu menyirami air di tanah bagian bawah tanaman cabai, namun teknik yang lebih baik ialang melakukan penggenangan dua minggu sekali agar air dapat meresap dengan baik dan dapat diserap akar dengan baik.
  • Pada saat penyemprpotan tanaman cabai baiknya di lakukan dalam satu hari, jika penyemprotan tidak selsai pada pagi hari , maka anda dapat melanjutkanya pada sore harinya.
  • Pemasangan ajir atau penopang batang tanaman cabai, pemberian penopangan ini dapat dilakukan ketika daun mulai tumbuh dan paling maksimalnya ialah ketika cabai berusia 1 bulan.

Dari berbagai tips diatas dapat disimpulkan bahwa pemeliharaan tanaman cabai sangat penting dari mulai pada saat awal penanaman, pemumpukan, penyemprotan hingga mengatur air dengan baik, sekian dahulu artikel dari saya tentang Cara Merawat Tanaman Cabe Pdf, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *