Cara Mudah Menanam Buah Alpukat dari Biji yang Disemai

Alpukat (Persea americana) merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tanaman ini banyak dibudiayakan pada perkebunan monokultur dan pekarangan di daerah-daerah tropika. Pohon alpukat dapat tumbuh dari biji yaitu dengan cara disemai dan meletakan sebagian benih dalam air. Berikut cara menanam buah alpukat dari biji secara lengkap.

Cara Menanam Buah Alpukat

Peralatan yang digunakan :

  • Benih alpukat yang berkualitas
  • Tempat untuk meletakkan benih bisa menggunakan gelas.
  • Tusuk gigi atau tusuk sate
  • Tisue
  • Pisau
  • Air Bersih
Cara Menanam Buah Alpukat dari Biji yang Disemai
  1. Pililah buah alpukat yang sudah matang, ditandai dengan tekstur yang lembut ketika diremas namun tidak lembek.
  2. Potong buah alpukat tersebut menjadi dua bagian yang memanjang.
  3. Secara perlahan keluarkan biji dari dalam buah, lalu cuci biji tersebut secara menyeluruh untuk menghilangkan ampas yang tersisa dan keringkan benih dengan tisu.
  4. Sisipkan 4 tusuk gigi di kedua sisi biji alpukat, tepat ditengah biji. Fungsinya untuk menahan benih agar tidak terendam air.
  5. Taruh benih dalam segelas air dan pastikan 1/4 dari bagian bawah benih terkena air, posisikan tempat tumbuh nya akar berada dibawah berbentuk datar sementara sisi diatas tempat tunas tumbuh berbentuk lebih runcing.
  6. Simpan benih di dekat jendela namun tidak terkena matahari langsung.
  7. Tambahkan air jika mulai berkurang atau pada bagian bawah benih tidak menyentuh air, perlu juga mengganti air seminggu sekali untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  8. Amati benih, sekitar 4 sampai 6 minggu, benih harusnya sudah retak dan mulai muncul akar. Jika lebih dari 6 minggu masih belum ada juga berarti anda gagal, maka harus memulai dari awal dengan benih alpukat lain.
  9. Pindahkan benih jika akar sudah mencapai 2-3 inci, ke dalam pot yang sudah berisi tanah dengan lubang drainase yang baik atau ditanam langsung di tanah.

Berikut adalah gambar tahapan menumbuhkan alpukat dari biji.

Cara Menanam Buah Alpukat
Cara Menanam Buah Alpukat dari Biji Langsung ditanah
  1. Benih alpukat juga bisa langsung ditanam di tanah. Sebelum menanam benih, pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari langsung.
  2. Gali tanah kurang lebih seukuran benih lalu tanam benih alpukat di dalamnya. Pastikan bagian ujung benih yang sempit sedikit menyembul di atas tanah.
  3. Siram benih secara teratur dan perhatikan sistem drainase sekitar tanaman. Jangan sampai benih alpukat terendam oleh genangan air. Jika terlalu banyak air akan membuat akar menjadi busuk.
  4. Apabila benih alpukat telah mencapai tinggi sekitar 15-20 cm, pangkas sebagian daun dan rantingnya untuk memicu pertumbuhan tunas baru.

Untuk perawatan pohon alpukat dapat tumbuh di tanah yang berhumus dan gembur. Jika daun berubah menjadi kecokelatan serta terdapat bekas terbakar di ujung berarti terlalu banyak garam yang terakumulasi dalam tanah. Maka sebaiknya biarkan air mengalir dengan bebas ke dalam pot dan alirkan selama beberapa menit. Siram bibit alpukat secara rutin namun tidak membuat genangan air.

Pohon alpukat yang tumbuh dari biji membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbuah yaitu sekitar 7-15 tahun. Buah alpukat dari pohon yang ditanam dari biji cenderung memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis induknya. Kendati demikian apabila pohon sudah berbuah maka akan banyak keuntungan yang akan anda dapatkan. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *