Memilih Jenis Tanaman Hias Indoor Yang Cocok Untuk Rumah Kita

Memilih jenis tanaman hias indoor yang sesuai dengan kondisi rumah kita memang membutuhkan lebih banyak pertimbangkan. Hal ini karena tanaman hias memiliki beragam jenis. Sebagai contohnya tanaman hias ada yang nampak indah dengan varietas bunganya, ada pula yang terlihat dari buah, serta ada yang berasal dari batangnya. Belum lagi kita juga harus memikirkan tentang tata letak di dalam ruangan serta konsep ruang di dalam rumah yang hendak di isi dengan tanaman hias. Oleh karena itu ada baiknya bila kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai beragam jenis tanaman-tanaman yang cocok untuk dijadikan hiasanya di dalam rumah. Di atas semua itu, yang menjadi prioritas utama tentu memilih tanaman yang cantik sekaligus mudah dirawat.

Jenis Tanaman Hias Indoor

Tanaman Pot

Model tanaman yang paling banyak disarankan untuk diletakkan di dalam rumah adalah tanaman hias di dalam pot khususnya yang berjenis kering yang tidak membutuhkan waktu penyiraman yang terlalu sering. Selain itu tanaman dalam pot merupakan jenis tanaman hias indoor dan outdoor yang paling mudah ditemukan. Kita bisa memilih beragam jenis varietas tanaman untuk ditanam di dalam pot, mulai dari yang berjenis tanaman hias berbunga, berbuah, atau tanaman dengan keindahan batangnya. Beberapa contoh tanaman bunga yang nampak cocok ditanam di dalam pot adalah bunga kemuning yang berwarna putih indah atau bunga begonia dengan warna-warna cerah.

Tanaman Tempel

Jenis tanaman hias indoor lainnya yang tidak kalah cantik adalah tanaman yang ditempel di dinding. Salah satu jenis yang paling populer di antara sekian banyak tanaman tempel adalah anggrek. Anggrek merupakan bunga dengan bentuk kelopak yang begitu indah. Keindahan bunga ini begitu mempesona bagi siapa pun, terlebih bunga ini memiliki beragam jenis varietas yang berbeda-beda dengan keindahannya masing-masing sehingga tentulah akan menambah kesan cantik pada ruangan yang ada di dalam rumah kita. Selain bunga anggrek, tanduk rusa adalah jenis tanaman lain yang bisa kita pasang di dinding rumah, bedanya adalah tanaman ini memiliki keindahan pada bentuk dedaunanya yang melengkung dengan unik.

Tanaman Gantung dan Merambat

Jenis tanaman hias bunga indoor lain yang tidak boleh dilewatkan adalah tanaman gantung. Tanaman yang ditanam secara bergantung merupakan sebuah pilihan yang tepat bagi rumah kita dengan segala jenis konsep yang dipadu. Ada beragam jenis tanaman serta bunga-bunga yang dapat ditanam secara menggantung di rumah kita. Beberapa diantaranya memiliki bentuk bunga kecil yang cantik sedang yang lainnya memiliki keunggulan di sisi daun-daunnya. Contoh bunga yang bisa tanam adalah seperti begonia yang memilih warna-warna yang terang dan begitu menarik. Bunga ini juga memiliki kelopak yang berbentuk bulat-bulat dan menumpuk sehingga terlihat begitu memukau.

Bagi yang tertarik dengan tanaman dedaunan yang menggantung maka kita bisa juga menanam tanaman yang bernama peperomia yang memiliki daun berbentuk bulat-bulat indah. Ada pula tanaman mawar rambat yang tumbuh secara menjalar sehingga nampak begitu indah dan unik berbeda dengan tanaman mawar yang umumnya ditanam secara konvensional, tanaman mawar merambat ini ditanam di dalam pot yang digantung atau di dinding. Bila kita tertarik untuk memiliki tanaman yang ditanam secara vertikal dikarenakan lokasi pekarangan yang sempit, maka kita tetap bisa memiliki pekarangan yang asri dan elok dengan membuat tanaman vertikal ini. Macam tanaman hias indoor yang bisa dipasang di dalam pekarangan rumah kita adalah sebagai berikut.

Tanaman merambat yang cocok untuk model pekarangan vertikal ini adalah bormelia yang dikenal sebagai daun lidah. Tanaman ini umum diletakkan secara vertikal pada pot-pot yang diatur secara vertikal. Tanaman ini tahan terhadap cuaca serta air dan bahkan mampu hidup dalam ketinggian hingga 10 meter. Selain tanaman petrea vulobilis dengan bunga-bunga yang bergerombol kecil-kecil dengan warna ungu ini juga nampak indah. Kita bisa juga menanam daun sirih atau piper betle serta sukulen yang cocok untuk kebun vertikal.

Tanaman jenis sukulen ini memiliki beberapa jenis seperti crassula, echeveria, dan lain-lain. Tanaman neoregelia juga nampak cocok untuk tanaman vertikal yang kita buat. Kita bisa juga memadukannya dengan tanaman daun yang menjulur panjang seperti tanduk rusa, jalaran api, melati irian atau flame of irian, lili paris, dan lain-lainnya. Nah, beragamnya jenis tanaman serta model pekarangan yang ada baik yang konvensional dengan ukuran latar yang luas atau dengan bentuk yang unik seperti vertikal ternyata dapat dilakukan selama kita memang menyukai dan menyenangi tanaman. Apapun jenis tanaman hias indoor yang dipilih apabila kita mampu mengaturnya dengan baik maka pekarangan kita akan nampak selalu cantik dan menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *