Jenis Tanaman Hias Merambat Yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah Kita

Memiliki pekarangan yang penuh dengan tanaman dan dihiasi dengan bunga-bunga adalah suatu keindahan tersendiri apalagi karena adanya pekarangan tersebut mampu menghidupkan rumah dengan keindahan alamiahnya, bahkan bagi yang tidak memiliki pekarangan sekalipun atau yang hanya memiliki pagar dan dinding rumah tetap bisa menghidupkan nuansa alam dengan menanam jenis tanaman hias merambat di rumah kita. Nah khusus bagi yang memiliki pekarangan yang sempit dan terbatas maka membuat pekarangan vertikal adalah sebuah solusi yang brilian. Lantas, bagaimana dengan yang tidak memiliki halaman pekarangan sama sekali? Apabila kita tidak memiliki halaman pekarangan dan hanya memiliki dinding rumah maka tanaman jenis merambat di bawah ini sangat cocok untuk rumah kita. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

Tanaman Rambat yang Cocok untuk Dinding Rumah

Pekarangan yang luas memang memberikan lebih banyak fleksibelitas bagi kita yang ingin memiliki kebun tanaman dan bunga yang indah dengan beragam jenis tanaman dan bunga-bunga yang berwarna-warni. Namun bagaimanakah solusinya jika kita hanya memiliki luas halaman yang terbatas bahkan bisa dikatakan tidak ada? Salah satu caranya yang sangat baik dan sangat disarankan untuk dilakukan adalah dengan memilih tanaman hias merambat berbunga. Tanaman hias dengan bunga-bunga yang indah mampu mempercantik rumah kita dengan sentuhannya yang sederhana. Di sisi lain mampu mengisi kekosongan dinding rumah dan hal yang paling penting adalah kita tetap bisa memiliki pekarangan yang alami untuk rumah kita sehingga rumah nampak tampak lebih asri.

Pilihan Tanaman Merambat

Jenis tanaman hias merambat telah dipilih untuk menghiasi dinding rumah kita atau mengisi halaman sempit pekarangan yang kita miliki. Lantas jenis yang manakah yang terlihat indah dan terbaik bagi rumah kita? Ada belasan jenis tanaman yang tumbuh secara merambat yang dapat kita pilih. Beberapa diantaranya memiliki bentuk sulur daun yang menawan sedangkan beberapa diantara yang lain memiliki bunga-bunga dengan kelopak yang menakjubkan. Lalu manakah yang terbaik? Pada dasarnya semua tanaman nampak indah dan sedap dipandang oleh mata. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan manakah yang nampak cocok dengan kondisi rumah kita serta cocok dengan lingkungan kita hidup?

Tanaman Merambat Jenis Bunga

Nah bagi orang yang tinggal di daerah yang memiliki paparan panas yang tinggi maka tanaman bunga soapwort ini nampak menjadi pilihan yang cocok terlebih tanaman ini merupakan jenis yang tahan panas dan bahkan membutuhkan sinar matahari secara langsung. Tanaman merambat ini mampu tumbuh dengan lebat disertai dengan bunga-bunga kecilnya yang berwarna violet muda. Selanjutnya bila kita tertarik dengan tanaman bunga yang berwarna merah terang maka lipstick plant ini bisa menjadi pilihan yang tepat apalagi tanaman ini bisa ditanam secara menggantung. Bunga morning glory yang berwarna biru cerah ini juga nampak serasi dan mencolok untuk pekarangan merambat. Selain itu tanaman hias merambat di tembok juga dapat muncul dalam bentuk dedaunan.

Tanaman Merambat Jenis Daun

Bila kita lebih tertarik dengan dedaunan yang rimbun berwarna hijau segar tanpa ada bunga maka pilihan yang tepat bagi kita adalah ivy atau hedera helix. meski termasuk jenis tanaman yang jarang ditemukan di Indonesia namun apabila kita bisa menanamnya di dinding maka hasilnya akan menakjubkan. Terkadang kita juga tertarik untuk menanam tanaman di pagar rumah kita agar nampak terlihat seperti pagar alami. Nah ada beberapa jenis tanaman hias merambat di pagar yang bisa kita pilih untuk menghiasi pagar rumah kita seperti sirih. Tanaman sirih ini selain tidak hanya mudah dirawat namun juga termasuk jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh.

Jenis tanaman hias merambat lainnya yang bisa masuk ke dalam list atau daftar tanaman rambat yang patut dipertimbangkan adalah tanaman air mata pengantin atau coral vine yang memiliki bunga bungur-bungur kecil yang nampak indah. Lantas adapula bunga glorybower yang nampak teduh dengan warna merah dan putihnya yang tenang. Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa kita tanam di pekarangan rumah kita, di dinding rumah kita, serta di pagar rumah kita.