Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan

Manfaat buah merah papua – Buah Merah (Pandanus Conoideus) adalah sejenis buah tradisional yang berasal dari Papua dan tersebar luas di daerah lainnya dengan ketinggian hingga 2.300 dpl, seperti dilembah Baliem Wamena, masyarakat setempat menyebut buah ini dengan sebutan kuansu.

Buah merah termasuk tanaman pohon yang menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m dan diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Ketika matang buah ini akan berwarna merah marun terang, tetapu ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

 

Manfaat buah merah papua

Di Wamena buah merah biasa nya disajikan untuk makanan pesta adat bakar batu. Namun banyak juga yang memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan obat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Drs. I Made Budi M.S, tanaman buah merah mengandung antioksidan, asam oleat, asam linoleat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9. (Reff. Wikipedia)

11 Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua

1.Buah Merah Melawan Sel Kanker
Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Kandungan tokferol dan betakrotennya yang tinggi pada buah merah ini sangat di rekomendasikan bagi penderita kanker. Buah Merah Papua memiliki senyawa tokoferol hingga 11.000 ppm dan betakaroten mencapai 7.000 ppm. Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Buah Merah Mengobati AIDS
AIDS adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan imun tubuh. Kombinasi tokoferol dan betakaroten dalam buah merah mampu melemahkan virus HIV, dengan cara memecah asam amino yang menjadi makanan bagi virus tersebut. Selain itu, minyak buah merah juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, yang menjadi lemah akibat infeksi virus HIV.

Buah Merah juga kaya akan protein yang dibutuhkan oleh penderita HIV. Untuk meningkatkan efektifitasnya sebagai obat tradisional, buah merah dapat dikombinasikan dengan pegagan dan sambiloto. Daun pegagan memiliki khasiat sebagai antivirus, sedangkan sambiloto memiliki khasiat antiradang dan antibiotik. Dosis harian yang dianjurkan adalah 1 sdt minyak buah merah sebanyak 3x dalam sehari.
3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Stroke
Stroke dapat terjadi karena darah yang telah membeku dan menyempit di pembuluh darah, yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi sehingga kerja jantung memompa darah terlalu cepat dari yang seharusnya. Jika Anda mengalami penyakit ini, maka disarankan untuk mengkonsumsi sari buah merah.

Sari buah merah dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan pada aliran darah arteri. Kandungan tokoferol pada buah Merah inilah yang dapat mengencerkan sirkulasi darah.

4. Buah Merah Meningkatkan Stamina & Vitalitas Pria
Sebagian besar masyarakat Wamena khususnya kaum pria memiliki badan kekar, stamina yang kuat dan bebas dari penyakit walaupun mereka hidup dalam keadaan terbuka saat berbusana dan dalam kondisi alam yang mengalami perubahan ekstrim.

Hal ini menjadi bukti buah merah berkhasiat untuk meningkatkan stamina, khususnya bagi para pria yang ingin tetap kuat, sehat dan bugar. Karena buah merah mengandung energi yang tinggi sekitar 360 kalori dan Vitamin E yang dapat meningkatkan stamina pada pria.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
Buah Merah juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang melebihi level normal. Kadar kolesterol yang melebihi level normal akan mengakibatkan penipisan pembuluh darah di jantung, otak dan ginjal. Sari buah merah dapat menangkal kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

6. Buah Merah Mengobati Asam Urat
Penyakit ini dapat disebabkan oleh hati yang memproduksi asam secara berlebihan. Akhirnya, asam urat tertutup oleh batu ginjal dan terbawa ke ujung-ujung jari dan kaki tangan. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri, ngilu, kesemutan, hingga terjadinya pembengkakan pada sendi. Kandungan tokoferol pada buah Merah dapat mengencerkan darah serta memperbaiki kinerja organ hati untuk memproduksi asam urat secara normal.

7. Buah Merah Mengatasi Diabetes Melitus
Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah sehingga tubuh tidak menghasilkan insulin yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Kandungan buah merah yang menyediakan tokoferol mampu memperbaiki fungsi pankreas, sehingga fungsi pankreas dapat kembali normal memproduksi insulin.

8. Mencegah penyakit mata
Gangguan penglihatan seperti rabun atau pandangan buruk, dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A. Tak hanya wortel yang baik untuk mata, buah merah juga dapar mencegah penyakit mata karena memiliki pro vitamin A (betakaroten) yang dapat diserap menjadi vitamin A di dalam tubuh.

9. Buah Merah Baik Untuk Kecerdasan Otak
Manfaat hebat sari Buah Merah lainnya adalah mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak. Sari buah merah yang mengandung omega 3 dan 6 dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
10. Buah Merah Menyembuhkan Herpes
Penyakit Herpes biasanya ditandai dengan munculnya bintil-bintil berair pada kulit yang disertai dengan rasa gatal. Hasil percobaan dengan mengoleskan minyak buah merah pada kulit yang terkena herpes menunjukkan efek yang baik. Dengan menerapkan minyak alami ini secara rutin, mampu mengobati herpes secara berangsur-angsur.

11. Mencegah Penyakit Tulang Seperti Osteoporosis
Penelitian terbaru Sari buah merah kaya akan kalsium sehingga baik untuk kekuatan tulang. Dalam 100gr buah merah segar menyediakan 54.000 mg kalsium. Dengan mengkonsumsi minyak buah merah secara rutin, bermanfaat untuk mencegah tulang keropos atau Osteoporosis.
Untuk mengobati beberapa penyakit diatas dengan buah merah papua, Anda tidak perlu repot-repot membeli buahnya yang besar dan harus pergi ke Papua. Saat ini cukup mudah untuk mendapatkan ekstrak sari buah merah. Anda bisa mendapatkannya di apotik-apotik terdekat ataupun membeli nya melalui toko online.
Demikianlah informasi tentang Khasiat dan Manfaat Buah Merah Papua Bagi Kesehatan Tubuh, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *