Manfaat Buah Naga Merah dan Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga – Buah naga atau yang dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan pitaya sebetulnya berasal dari benua Amerika, namun akhir-akhir ini mulai banyak dikembangkan budidayanya di negara Asia termasuk Indonesia. Terbukti dengan meningkatnya pasokan buah naga di pasaran yang sangat mudah ditemui.

Manfaat Buah Naga

Terdapat beberapa jenis buah naga, diantaranya adalah :

  • Buah naga berdaging putih dengan kulit berwarna merah, yaitu Hylocereus undatus.
  • Buah naga berdaging merah dengan kulit berwarna merah pula, Hylocereus polyrhizus.
  • Buah naga berdaging merah keunguan, warna daging lebih pekat dari buah naga merah, yaitu Hylocereus costaricensis.
  • Buah naga berdaging putih dengan kulit berwarna kuning, Selenicereus megalanthus.

Dari keempat jenis buah naga tersebut, memang warna di dalamnya hanyalah merah dan putih. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang begitu berarti dari manfaat buah naga merah atau putih, hanya pigmen warna saja yang membedakannya, selain itu rata-rata nutrisi yang dikandungnya sama. Buah naga berasal dari pohon semacam kaktus yang tidak berduri.

Buah naga memiliki biji kecil-kecil yang mirip dengan biji pada buah kiwi. Biji ini dapat dimakan dan sangat aman, juga terasa renyah saat dimakan bersama daging buah naga. Buah naga banyak diolah menjadi berbagai macam makanan seperti es buah, sop buah, campuran salad, agar-agar, dan banyak lagi. Walaupun terdapat buah naga merah dan putih, namun ternyata yang lebih mahal harganya di pasaran adalah buah naga merah, karena biasanya ukurannya juga lebih besar dari buah naga putih.

Buah naga mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan, diantaranya adalah 9 manfaat buah naga berikut ini.

1. Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu masalah penyakit yang banyak diderita oleh orang Amerika adalah penyakit kardiovaskular yang menyangkut jantung dan pembuluh darah. Mungkin karena itulah tumbuhan buah naga memiliki asal dari benua Amerika, karena buah naga mengandung lemak tak jenuh yang membantu jantung tetap sehat dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (kolesterol LDL). Dalam 100 gram daging buah naga kira-kira terkandung 0,4 gram lemak tak jenuh yang dapat melawan timbulnya kolesterol jahat yang seringkali menjadi penyebab penyakit jantung.

2. Khasiat Buah Naga Mencegah Penyakit Kanker
Buah naga dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit akibat dari pertumbuhan sel yang tidak terkontrol menjadi sangat cepat, membentuk tumor, yang kemudian menjadi sel kanker. Penyebabnya antara lain adalah masuknya radikal bebas dalam tubuh. Untuk menangkal radikal bebas ini, diperlukan antioksidan yang salah satunya dapat diperoleh dari buah naga. Salah satu antioksidan yang terdapat dalam buah naga adalah fitoalbumin, yang mencegah pembentukan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

3. Buah Naga untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Buah naga mengandung kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20,5 mg dalam 100 gram daging buahnya. Bahkan jumlah ini sebetulnya tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C yang dikandung wortel. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, berperan sebagai antioksidan yang memperlambat timbulnya kerutan-kerutan pada kulit sebagai tanda penuaan dini. Kerutan ini disebabkan oleh serangan radikal bebas yang dapat ditangkal oleh kandungan antioksidan dalam buah naga.

4. Manfaat Buah Naga Melancarkan Pencernaan
Dalam 100 gram buah naga, terdapat kira-kira serat sebanyak 3 gram. Jumlah serat sebesar 3% ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Terutama Anda yang sering mengalami konstipasi, ada baiknya untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Buah naga juga membantu ‘membersihkan’ saluran pencernaan dengan serat yang dikandungnya.

5. Keutamaan Buah Naga Mencegah Diabetes Mellitus
Dalam satu buah naga terkandung kira-kira 10 gram gula, namun gula ini berbeda jenisnya dengan gula pasir (sukrosa). Gula dalam buah naga terdapat dalam bentuk gula buah (fruktosa) yang sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kadar gula di dalam darah yang terlalu tinggi karena kegagalan insulin untuk mengubahnya menjadi energi bagi tubuh.

6. Khasiat Buah Naga Mencegah Penyakit Tulang
Bagi para wanita yang lanjut usia, sangat rawan terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Osteoporosis adalah keadaan dimana tulang sangat rapuh karena kekurangan kalsium sebagai zat pembentuk tulang yang kokoh. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya untuk para wanita mengonsumsi buah naga secara rutin. Buah naga mengandung sekitar 8,5 mg kalsium dalam 100 gram daging buahnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

7. Manfaat Buah Naga Merawat Kesehatan Mata
Penyakit mata yang menyebabkan seseorang diharuskan memakai kaca mata memang terkadang mengganggu bagi beberapa orang, karena tentunya penampilan akan berubah setelah memakai kaca mata. Untuk menghindari penyakit mata, ada baiknya untuk mengonsumsi buah naga yang juga kaya akan beta-karoten, sebagai zat yang di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

8. Merawat Rambut yang Diwarnai
Untuk para wanita yang gemar mewarnai rambut, ada baiknya untuk melakukan perawatan rambut secara alami dengan menggunakan masker rambut buah naga. Caranya cukup sederhana, hanya dengan menghancurkan daging buah naga dengan blender, kemudian oleskan pada bagian rambut yang diwarnai. Berbagai kandungan vitamin di dalam buah naga nantinya akan membantu folikel rambut tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut yang tertutup cat tetap dapat ‘bernafas’ sehingga tetap lembut dan sehat.

9. Buah Naga Untuk Memperkuat Tulang
Buah naga yang mengandung kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, sangat baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah naga kecil memenuhi 1% dari nilai harian, sementara zat besi memenuhi 8% dari nilai harian. Buah naga ini sangat tinggi vitamin C yang membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi lebih banyak.

10. Buah Naga dapat Mencegah Jerawat
Karena kandungan vitamin C nya, buah naga juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghindari timbulnya jerawat. Seringkali jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak di dalam kulit yang kemudian ditumbuhi oleh bakteri yang berkembang biak memenuhi kulit. Seperti perawatan rambut, oleskan pasta daging buah naga ke daerah yang berjerawat, diamkan beberapa saat kemudian dibilas dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Khasiat buah naga lainnya :

  1. Menurunkan berat badan, bagus untuk program diet
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Baik untuk kesehatan usus
  5. Membantu mengatasi batuk dan asma
  6. Membantu pembentukan sel darah merah
  7. Mencegah kelumpuhan otot & membantu pembentukan otot
  8. Sebagai penambah energi & tenaga tubuh
  9. Menjaga kesehatan gigi
  10. Membantu mengobati panas dalam & sakit tenggorokan.

Demikianlah manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan anggota tubuh. Dengan berbagai manfaatnya tersebut, tentunya buah naga masuk ke dalam daftar belanjaan wajib, bukan. Yuk, sehat dengan rutin mengonsumsi buah naga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *