Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Masih bertemu lagi dengan saya penulis budidayapetani.com jika sebelumnya saya telah menulis tentang Cara Merawat Singkong Dengan Baik dan masih banyak artikel yang saya tulis tentang singkong di antaranya Cara Menanam Singkong Sukses, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang manfaat singkong untuk kesehatan tubuh manusia, dan berikut penjabaranya di bawah ini.

  • Singkong lebihn banyak mengandung protein dibandingkan tumbuhan lainya seperti ubi, kentang dan pisang. Dan ternyata singkong juga mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan tumbuhan dengan golongan kacang kacangan.
  • Singkong dapat dapat menurunkan resiko osteoporosis karena singkong banyak mengandung Vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, selain baik untuk mencegah osteoporosis ternyata singkong juga dapat membatasi penyaik alzheimer sengan membatasi kerusakan pada saraf otak.
  • Singkong juga merupakan sumber mineral bagi tubuh, yakni singkong banyak mengandung zat seperti magnesium, zat besi, serta singkong juga banyak mengandung kalsium yang berguna membangun atau sebagai pembangun pertumbuhan sel pada tubuh.
  • Umbi yang lezat ini merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.
  • Luka akibat garukan. Caranya menanganinya, ambil singkong secukupnya, kupas dan parut, kemudian tempelkan / bobokan pada luka beras garukan secara merata dan diperban.
  • Singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang bagus. Tak heran jika singkong dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengendalikan diabetes. Dengan catatan, singkong diolah dengan cara kukus atau rebus.
  • Kutu air. Caranya, ambil singkong yang masih muda dan baru dipetik dari batangnya. Kupas dan parut, kemudian tempelkan pada bagian yang kena kutu air. Jika kering, ulangi sekali lagi. Lakukan 2 kali sehari.
  • Rheumatik. Caranya menanganinya , ambil 5 lembar daun singkong dan cuci bersih, campurkan sedikit dengan kapur sirih, kemudian remas-remas sampai daun singkongnya hancur atau lembut. Selanjuttnya, oleskan pada bagian yang terasa linu atau yang terserang rheumatik. Lakukan dengan rutin minimal 3 kali sehari.

Dan begitu banyak manfaat singkong yang mungkin belum kita sadarai selama ini, untuk saran penulis mulailah berobat menggunakan obat herbal yang tentunya lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan obat yang terbuat dari bahan kimia.

Demikian artikel dari saya tentag Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh LengkapSemoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *