Obat Hama dan Penyakit Tanaman Bayam

Obat Hama dan Penyakit Tanaman Bayam
Obat Hama dan Penyakit Tanaman Bayam

Obat Hama dan Penyakit Tanaman Bayam.

Bertemu kembali dengan penulis budidayapetani.com setelah pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan tentang artikel bayam, atau lebih lengkapnya anda bisa membacanya di Cara Menanam Bayam Sukses kali ini saya masih akan membahas seputar soal bayam namun berbeda hal yaitu tentang hama dan penyakit pada tanaman bayam beserta apa obatnya juga bagaimana penanggulangan serta pencegahanya. dan berikut simak informasinya di bawah ini.

Hama dan penyakit ialah sebagai salah satu faktor terpenting yang akan menentukan apakah budidaya tanaman usaha kita akan mengalami untung ataupun rugi, namun sebagian besar tanaman akan merugi apabila sudah terserang hama maupun penyait, dan juga bisa disebabkan dengan telatnya penanganan atau pencegahan hama dan penyakit itu sendiri, oleh karena itu hendaknya para petani merawat serta menjaga tanaman apapun itu dari berbagai jenis hama dan penyakit agar mandapatkan hasil yang memuaskan di akhir masa panen nanti.

dan kembali ketopik artikel ini, pada tanaman bayam sendiri ada jenis jenis penyakit dan hama yang akan mengganggu pertumbuhan bayam itu sendiri, seperti di bawah ini.

1.Penyakit

  • Pythium SP

Untuk gejala atau ciri ciri tanaman bayam yang terserang penyakit ini ialah tanaman yang diserang memiliki daun yang agak kekuningan hingga kecoklatan, kemudiah daun akan membusuk lalu kemudian akan mati, penyakit ini biasanya akan menyerang pada tanaman bayam yang sedang dalam tahap persemaian. Untuk pengendalianya sendiri dapat menggunakan bahan kimia, yaitu fungisida dengan berbahan aktif seperti mancozeb :  dithane dengan dosis 10 sampai dengan 20 gram / 15 liter air.

  • Blorok

Penyait blorok atau juga yang disebut embun embun tepung ini mempunyai gejala atau ciri ciri daun berwarna binting bintik putih agak kecoklatan dan intensitas wabah enyakit ini biasanya terjadi apabila curah hujan masih sangat tinggi atau dengan cuaca yang terus menerus lembab. Untuk pengendalianya ialah dengan cara menggunakan bahan kimia seperti fungisida : dithane dengan dosis 1 sampai 2 sendok makan dicampur denga 15 liter air. Atau tambahan cara penanganannya ialah bisa dengan memetik dan membuang daun yang sudah terjangkit penyakit ini agar tidak menulari daun lainya.

2.Hama

  • Ulat Daun

Tentunya sudah sering kita jumpai ulat satu ini terhadap tanaman bayam di lingkungan sekitar kita, ulat ini dianggap perusak karena memakan daun daun hingga tersisa tulang tulang daun pada tanaman bayam. dan untuk cara pengengdalianya sendiri ada dua cara yaitu cara pertama ialah dengan melakukan sanitasi yang baik pada lahan tanam dan cara yang kedua dengan menggunakan bahan kimia sepeti insektisda berbahan aktif : Deltametrin, Sipermetrin atau yang lainya dengan dosis 10 ml per 15 liter air.

Dan diatas merupakan sebagian hama dan penyakit yang seing menyerang tanaman bayam yang ada disekitar kita, tentunya hal itu dapat di cegah dengan cara merawat tanaman bayam secara baik dengan cara menyiangi hingga menghilangkan gulma gulma yang ada di sekitar tanaman bayam.

Sekian artikel dari saya tentang Pengendalian Hama dan Penyakit Bayam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *