Ragam Jenis Tanaman Hias untuk Memperindah Rumah

Suasana rumah yang damai dan indah pastinya membuat penghuninya merasa betah dan nyaman. Untuk memperindah rumah, Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan tanaman hias di rumah, baik di dalam maupun di luar. Selain memperindah rumah Anda, tanaman hias juga bisa menyegarkan ruangan.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Untuk Rumah Anda

Jenis tanaman hias sangat beragam, mulai dari tanaman merambat, tanaman gantung, bunga, daun, sampai buah. Tanaman hias dipilih untuk memperindah ruangan karena memiliki jenis yang beragam dan mudah dalam perawatannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan merasa repot untuk mengurusnya.

Tanaman hias daun

Tanaman hias daun atau tanaman hias outdoor memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Tanaman hias jenis ini banyak digemari karena sebagai langkah penghijauan dan bentuk daunnya yang indah. Tanaman hias daun yang banyak dipilih untuk memperindah rumah adalah kuping gajah, suplir atau adiantum, Aglaonema, keladi red star (Kaladium bicolor), Dieffenbacia, paku tanduk, dan Asparagus plumosus. Tanaman–tanaman tersebut bisa Anda tanam di taman atau di pot.

Tanaman hias gantung

Tanaman hias kedua adalah tanaman gantung. Selain indah, tanaman gantung juga simple dan tidak memakan banyak ruang, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Jenis tanaman hias gantung yang banyak diminati adalah lobelia white fountain, lobelia sapphire trailing, creeping carlie, red hoya, petunia red picotee, geranium (merah, fuchia pink), sirih blaster heart, lipstick, Swedish begonia variegata, dan smokey green leaf.

Tanaman hias indoor

Bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman hias untuk menyejukan udara dan mempercantik ruangan di dalam rumah, Anda bisa memilih tanaman hias jenis Spathiphyllum, anggrek, daun bahagia, lili paris, kaktus, lidah mertua, bunga krisan, bunga daisy, spider plant, boston ferns, tanaman payung, reed palm, atau lainnya.

Tanaman hias bunga

Tanaman hias yang satu ini bisa menjadi pilihan alternative Anda untuk membuat taman tampak asri dan berwarna. Tanaman hias bunga juga dapat Anda tempatkan di dalam ruangan dengan menggunakan pot. Jenis tanaman hias yang cocok di tempatkan pada outdoor adalah kamboja, bugenvil, melati, mawar, alamanda, dan kenanga. Sedangkan pada indoor, pilihlah jenis bunga lili, geranium, krisantemum, amarilis, dan anggrek yang mudah di tempatkan pada pot kecil.

Tanaman hias buah

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas di belakang rumah, manfaatkanlah lahan tersebut untuk menanam tanaman buah. Selain dapat mempercantik, Anda juga bisa memanen dan mengkonsumsi buah yang ditanaman. Tentunya buah yang Anda tanam lebih sehat, karena Anda bisa mengontrol jenis pupuk dan pestisidanya. Pilihlah tanaman buah yang tidak memakan banyak ruang dalam pertumbuhannya, seperti buah tomat, cabai, timun, melon. Tanaman buah hasil cangkokan juga bisa jadi pilihan untuk Anda.

Tanaman hias merambat

Tanaman hias terakhir yang memiliki daya tarik dan keunikannya sendiri adalah tanaman hias merambat. Mitos mengenai bangunan yang dirambati tanaman kini telah terpatahkah, sebab apabila Anda dapat menempatkan dan menghias bangunan Anda dengan baik menggunakan tanaman rambat, pastilah bangunan Anda akan tampak indah dan berkharisma. Jenis tanaman rambat yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah bunga wisteria, Petrea volubilis, bunga begonia, bunga peperomia, dan bunga bromelia.

Setelah mengetahui ragam tanaman hias yang bisa memperindah rumah dan bangunan Anda, sudahkah Anda menentukan jenis tanaman hias yang akan dipilih ? Dalam memilih tanaman hias, sebaiknya perhatikan ruang dan budget Anda yah. Aneka jenis tanaman hias pada suatu rumah tentunya menyerminkan kepribadian dan sifat pemiliknya.