Ragam Tanaman Merambat untuk Atap dan Pagar Rumah

Apabila Anda menginginkan bangunan yang teduh dan hijau bernuansa alami namun hanya memiliki lahan yang minimalis, tanaman rambat adalah pilihan yang tepat. Pasalnya tanaman rambat bisa hidup di tembok, atap, maupun pagar, sehingga tidak memerlukan ruang yang luas. Untuk Anda yang bingung tanaman hias rambat mana yang umum ditempatkan pada atap dan pagar, simak ulasannya berikut ini !

Ragam Jenis Tanaman Rambat Untuk Rumah Anda

Tanaman merambat untuk peneduh

Daun sirih merah

tanaman merambat daun surih merah

Tanaman dengan nama latin Piper crotatum ini merupakan tumbuhan yang hidup di daerah beriklim tropis. Ciri dari tanaman ini adalah memiliki batang bulat berwarna hijau kekuningan, berdaun mengkilap berbentuk hati dengan ujung meruncing, dan tidak berbunga. Selain memiliki nilai estetika, layaknya kelompok tanaman sirih lainnya, daun sirih merah ini juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Bunga air mata pengantin

tanaman bunga air mata pengantin

Bunga air mata pengantin ()Antigonon flavences) merupakan tanaman bunga yang berasal dari Mexico, namun dapat dengan mudah tumbuh di Indonesia. Ciri tanaman ini adalah memiliki batang berbulu dengan panjang 3 sampai 6 cm, daun hijau berbentuk jantung dengan panjang sekitar 5 – 10 cm, dan bunga berwarna putih ataumerah jambu. Tanaman ini umumnya menjadi tanaman rambat peneduh.

Tanaman merambat untuk atap

Jade vine

tanaman merambat jade vine

Tanaman berbunga yang satu ini sangat menarik untuk dilihat karena mempunyai bunga berwarna hijau kebiruan. Bunga yang memiliki nama latin Strongylodon macrobotrys, merupakan tanaman yang dapat merambat hingga ketinggian 20 meter. Batang tanaman jade vive berwarna coklat dan liat.

Flame vine

tanaman merambat flame vine

Flame vine dengan nama ilmiah Pyrostegia venusta, adalah tanaman yang memiliki kemampuan merambat dengan cepat untuk menutupi bidang rambatannya. Tanaman dengan bunga berbentuk terompet berwarna oranye atau merah tua ini memiliki panjang hingga 7 cm.

Passion flower

tanaman Passion flower

Tanaman merambat berbunga selanjutnya yang cocok dijadikan sebagai atap carport atau teras adalah passion flower atau dikenal dengan sebutan mariska lokal, karena memiliki bentuk fisik yang sama dengan tumbuhan markisa. Passion flower memiliki bunga berbentuk bintang, berwarna merah cerah, dengan diameter antara 7 hingga 10 cm.

Tanaman merambat untuk pagar

Mandevilla

Mandevilla

Selain dapat digunakan sebagai tanaman rambat pada pagar, Mandevilla juga bisa ditempatkan pada atap carport. Mandevilla memiliki bunga berwarna-warni, diantaranya pink, kuning, merah dan putih.Tanaman yang mudah tumbuh di iklim tropis banyak dipilih sebagai tanaman rambat pagar karena bisa tumbuh di cuaca panas dan mampu menahan seranga hama.

Golden moneyworth

Golden moneyworth

Golden moneyworth bisa menjadi pilihan tanaman untuk permukaan pagar rumah Anda. Tanaman ini dinamai golden moneyworth karena berdaun kecil berwarna hijau muda keemasan. Golden moneyworth memiliki kemampuan tumbuh yang cepat dan tidak memerlukan perawatan yang intensif.

Arumdalu

Arumdalu

Seperti namanya tanaman merambat berbunga harum ini akan tercium wanginya ketika malam hari. Masyarakat jawa biasa menanam tanaman ini untuk mengiasi pagar dan pintu masuk. Nilai tambah dari tanaman arumdalu adalah mampu berbunga sepanjanag tahun jika dirawat dengan baik. Tanaman yang mempunyai akar tempel dengan bunga berwarna putih memiliki nama lain, yaitu night blooming jasmine atau bunga sedap malam. Bunga arumdalu juga mememiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman-tanaman merambat di atas bisa Anda pilih beberapa untuk menghiasi atap, dinding, atau pagar rumah agar terlihat menawan. Tanaman rambat tersebut juga cocok sekali ditanam di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Gaya rumah atau bangunan pastinya menggambarkan karakter pemiliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *