Tips Cara Membuat Zen Garden ala Jepang

Zen Garden adalah tempat yang sempurna untuk menemukan kedamaian batin Anda dan melepaskan stres dari kehidupan sehari-hari Anda.  Mereka adalah tempat yang bagus untuk bermeditasi, meningkatkan perasaan tenang, dan penuh dengan tanaman dan bunga favorit Anda.  Bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu banyak ruang untuk menumbuhkan lebih banyak kedamaian dan ketenangan dalam hidup Anda.  Baik Anda memiliki halaman besar atau sudut kecil kamar untuk ditawarkan, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat taman Zen Garden yang pasti Anda sukai.

 Apa itu Zen Garden?

Taman batu Jepang ini juga disebut taman lanskap kering.  Dalam istilah yang paling sederhana, Zen Garden dirancang untuk membantu meditasi.  Mereka pertama kali dibuat di kuil-kuil Zen Buddha, dan diciptakan dengan tujuan meniru alam di lokasi di mana meditasi berlangsung.  Ruang-ruang ini membantu orang untuk memahami makna hidup yang sebenarnya dan menemukan kedamaian di dalam diri mereka.

 Seperti Apa Zen Garden itu?

Anda akan mengenali taman Zen saat melihatnya karena dibuat menggunakan batu, kerikil, dan pasir.  Beberapa mungkin menawarkan beberapa semak kecil, atau fitur air mancur.  Pasir Zen Garden mini yang lebih kecil dengan warna dan desain dekoratif.  Mungkin beberapa batu dan satu atau dua tanaman.  Setiap fitur menawarkan makna simbolis dan membuat taman menjadi unik.

Fitur paling penting yang ditemukan di taman Zen meliputi:

 Pasir dan Kerikil

Sementara banyak Zen Garden memiliki pasir, yang mudah disapu dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, kerikil lebih mudah dipertahankan dalam jangka waktu yang lama.  Kerikil sedikit lebih berat dari pasir, memungkinkannya menahan angin dan hujan.  Keduanya melambangkan air, yang mewakili jarak, kemurnian, dan kekosongan.

Taman miniatur umumnya menggabungkan pasir dan patung-patung kecil, dan sering kali memasukkan garu kayu kecil untuk membuat desain ke dalam pasir.

 Batu

Susunan yang dibuat dengan batu melambangkan pulau, gunung, air terjun, dan sungai.  Anda juga dapat menggunakan batu untuk mewakili hal-hal seperti perahu, atau binatang seperti kura-kura.  Mereka mudah dikelompokkan bersama untuk membuat adegan yang penuh makna bagi Anda.  Peragakan batu-batu dalam pengaturan yang berbicara kepada Anda, dan gunakan kreativitas Anda.

 Penggarukan

Banyak Zen Garden melibatkan menyapu pasir atau kerikil ke dalam pola yang melambangkan gelombang air.  Praktek menyapu membutuhkan konsentrasi untuk menciptakan garis yang sempurna, dan kreativitas untuk menciptakan pola baru yang menantang.  Ini sangat meditatif dalam praktik.

 Fitur tambahan

Beberapa taman miniatur mungkin juga berisi dupa dan pembakar untuk menahannya.  Mereka mungkin juga memiliki patung Buddha, atau tanaman kecil dan pohon.  Beberapa mungkin juga memasukkan versi yang lebih kecil dari hal-hal yang Anda temukan di lansekap Jepang berukuran penuh, seperti batu halus, tanaman hijau, atau patung-patung, hanya pada skala yang lebih mudah dikelola.

Menempatkan kristal penyembuhan, seperti kuarsa jernih, kuarsa mawar, batu kecubung, sitrin, dan turmalin hitam di Zen Garden juga dapat meningkatkan energi penyembuhan.  Setiap kristal membantu pengguna dengan cara tertentu, baik menghilangkan energi negatif atau mempromosikan perasaan positif seperti keseimbangan, perlindungan, kegembiraan, energi, dan spiritualitas.

Apa Manfaat Zen Garden?

Banyak manfaat taman zen meluas kepada Anda berdasarkan pada bagaimana Anda menggunakan ruang.  Taman besar dan miniatur sangat bagus untuk menyapu desain ke pasir atau kerikil dan dapat digunakan untuk meditasi, yang keduanya menawarkan manfaat.  Manfaat vital dari memiliki kebun zen Anda sendiri meliputi:

Dengan Zen Garden, Anda dapat menjernihkan pikiran dan bermeditasi di alam selama beberapa saat sebelum kembali ke kehidupan sehari-hari dan tugas Anda.

Bagian terbaik tentang taman Zen adalah Anda tidak perlu ruang besar untuk menemukan kedamaian batin Anda.

Zen Garden itu indah!  Konsep Jepang yang memengaruhi taman-taman ini mendorong keseimbangan dan kesederhanaan yang asimetris, yang menambahkan lapisan keanggunan dan keindahan ke ruang mana pun.  Apa pun jenis dekorasi yang Anda pilih, ada estetika untuk semua orang.

Meditasi menawarkan banyak manfaatnya sendiri, seperti mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan Anda, dan taman zen dirancang sebagai tempat untuk meningkatkan praktik meditasi Anda.  Mereka dapat membantu Anda mendapatkan perspektif saat Anda berlatih bernapas dan berusaha mengosongkan semua pikiran dari pikiran Anda.

Meditasi juga meningkatkan kreativitas, sehingga Anda mungkin melihat Anda memiliki lebih banyak ide.  Taman Zen dapat membantu Anda memecahkan masalah, tetap di saat ini, perhatikan ketika Anda perlu istirahat dari dunia nyata, dan memungkinkan ide-ide baru mengalir dengan bebas.  Memiliki tempat untuk istirahat dapat lebih jauh membantu kendali diri Anda, memungkinkan Anda untuk mengenali kebutuhan batin Anda dan mengurus diri sendiri sesuai dengan itu.

 Tips Cara Membuat Zen Garden ala Jepang

Anda tidak perlu banyak berfikir untuk memulai taman zen sendiri di rumah selain dari pikiran kreatif.  Ikuti petunjuk langkah demi langkah ini untuk mempelajari cara membuatnya di ruang mana pun.

Langkah 1: Pilih Ukuran

Berapa banyak ruang yang harus Anda kerjakan?  Zen Garden yang besar dapat berkembang di seluruh halaman belakang rumah Anda, atau versi miniatur akan diletakkan di meja Anda.  Jika Anda menginginkan taman di halaman belakang, ratakan bagian tanah seluas 4 x 6 meter.  Namun, ruang yang lebih kecil akan membutuhkan lebih sedikit pekerjaan untuk pemeliharaan.  Biasanya berbentuk segi empat tanpa memandang ukuran.

Langkah 2: Pilih Fitur

Pilih jenis fitur yang ingin Anda sertakan di taman Zen Anda, seperti kerikil atau pasir, batu, dan tanaman atau patung-patung.  Kemudian pikirkan detailnya.  Warna kerikil apa yang Anda inginkan?  Apakah Anda akan menggunakan batu dalam berbagai ukuran dan bentuk?  Apakah Anda termasuk menyapu, dan jika demikian, apakah itu kayu atau baja?  Pilihan ada di tangan Anda, jadi pikirkan dan pastikan Anda menikmati semua yang Anda tambahkan ke taman Anda.

Jika Anda memasukkan tanaman, pastikan Anda tahu apakah Anda menanam tanaman yang butuh naungan atau sinar matahari.  Dengan begitu Anda dapat menggabungkan sinar matahari sesuai dengan kebutuhan mereka.  Tanaman yang paling umum ditambahkan orang ke Zen Garden meliputi:

  1.  Lumut
  2.  Yews
  3.  Crimson Queen maple Jepang
  4.  Creeping thyme
  5.  Lentera Cina
  6.  Deutzia
  7.  Pachysandra
  8.  Pagoda Dogwood
  9.  Rumput Mondo
  10.  Creeping Juniper
  11. Rumput hutan jepang
  12. Juniper Cina
  13. Pohon sutra
  14. Pakis
  15. Bambu
  16. Pinus mini
  17. Pinus payung
  18. Air Mancur tradisional

Anda juga akan membutuhkan persediaan berikut:

  1.  Rake – Jika Anda mau, pilih jenis dan ukuran rake yang Anda inginkan.
  2.  Pasir atau kerikil – kerikil putih adalah pilihan ideal bagi banyak orang.
  3.  Batuan, dengan berbagai ukuran dan bentuk sesuai keinginan Anda.
  4.  Batu tepi – letakkan kerikil atau pasir pada tempatnya.
  5.  Kain lansekap – untuk menjaga batu agar tidak menempel ke tanah.
  6.  Sekop atau cangkul untuk menanam.
  7.  Pita pengukur
  8.  Sarung tangan kerja

 Langkah 3: Mengatur Zen Garden

Apakah Anda ingin membangun Zen Garden luar ruangan besar untuk memperluas ruang hidup Anda ke alam?  Jika demikian, Anda harus membuat rencana ke depan.  Bagaimanapun, batu-batu besar dan lansekap membutuhkan perencanaan yang signifikan.  Batu dan tempat yang sempurna untuk tanaman dan patung perlu dipetakan untuk memastikan mereka ada di lokasi yang tepat.

Dengan mengikuti Tips Cara Membuat Zen Garden ala Jepang, Cobalah untuk melihat bagaimana Anda menyukainya, lalu mulailah merencanakan kebun skala penuh ketika Anda punya waktu untuk proyek lansekap yang lebih besar.