Tips dan Trik Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat 

Tips dan Trik Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat 

Tips dan Trik Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat -budidayapetani.com akan berbagi artikel tentang cara menanam tomat agar berbuah lebat.Tomat merupakan salah satu jenis buah atau sayur yang sering dijumpai sehari – hari, baik pada sebuah masakan ataupun minuman segar. Tomat memiliki beberapa jenis seperti beef tomato, plum tomato, cherry tomat, grape tomato dan lain sebagainya.
Untuk kamu yang ingin menanamnya, tentunya akan sangat mudah dan tidak butuh perawatan yang rumit. Namun yang harus diperhatikan bahwa tanaman ini memiliki batang yang lentur, sehingga harus memiliki penopang agar tumbuh dengan baik dan berbuah lebat. Jika kamu merasa kesulitan, ini dia tips dan trik menanam tomat agar berbuah lebat yang bisa kamu terapkan.

Tips dan Trik Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat 

 

1.Hal pertama sebagai tips dan trik menanam tomat agar berbuah lebat adalah memilih benih yang tepat. Usahakan untuk menentukan jenis tomat apa yang akan ditanam, barulah mencari benih yang bagus dari toko pertanian yang terpercaya. Sesuaikan pula dengan kondisi iklim dan juga tanah yang nantinya akan ditanami tomat tersebut.
2.Selanjutnya adalah penyemaian lahan, dimana setelah mendapatkan benih tomat tadi wajib untuk disemai terlebih dahulu agar berkualitas baik. Taburkan benih tomat ke lahan tempat persemaian, siram secara rutin pada pagi ataupun sore hari sampai benih yang ada menjadi siap tanam.
3.Setelah itu, lakukan pemindahan bibit yang telah disemai tadi pada area penanaman. Namun, lakukan penyiraman terlebih dahulu sebelum dicabut agar akar tanaman menjadi lebih kuat. Pindahkan dengan menggunakan sekop atau alat bantu lainnya.
4.Untuk perawatannya sendiri cukuplah mudah, yaitu cukup dengan membersihkan rumput-rumput liar di sekitarnya, beri penopang pada tanaman, pemupukan yang teratur dan juga penyiraman yang rutin pada pagi dan sore hari. Jika terkena hama, maka sesegera mungkin untuk memberikan pestisida agar tidak menyerang pada tanaman lainnya.
5.Pada saat panen, tomat sudah bisa diambil setelah 3 bulan penanaman. Namun hal tersebut juga tergantung pada jenis dan juga kesuburan tanaman. Usahakan untuk memetik buah tomat yang sudah mulai berwarna kemerahan.
Demikian informasi mengenai tips dan trik menanam tomat agar berbuah lebat. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *