Tips Membeli Bakalan Sapi Di Pasar Hewan Untuk Pemula

Pasar Hewan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas bidang peternakan. Pasar hewan sebagai tempat bertemu antara penjual dan pembeli serta beraneka ragam pekerja yang menggantungkan hidupnya di pasar hewan. Meskipun pasar hewan misalnya yang terdapat di Pulau Jawa hanya buka pada saat seminggu sekali atau dua kali dimana hari tersebut berdasarkan hari pasaran jawa (pon, kliwon, wage, pahing, legi), tetapi sangat efektif menjadi salah satu sarana paling mudah seorang peternak untuk mendapatkan sapi adalah pergi ke pasar hewan. Berbagai ragam jenis sapi yang tersedia di pasar hewan mulai dari jenis PO, Simmental, Limousine, pegon, brahman cross dan Sapi FH Jantan maupun FH afkir dengan kondisi umur dan tubuh yang berbeda. Dengan kondisi susasana yang demikian kita harus memahami tips membeli bakalan sapi di pasar hewan terutama untuk pemula sesuai dengan keadaan modal dan kondisi ternak.

Reputasi pasar hewan sebagai tempat tersedianya bakalan sapi yang berkualitas tidak diragukan lagi. Banyak tujuan untuk pergi ke pasar hewan seperti membeli sapi untuk dipotong, untuk kurban maupun untuk di pelihara lagi. Seiring dengan waktu pelaku usaha peternakan yang ada di pasar hewan terus bertambah termasuk makelar sapi, sedangkan pada periode tertentu keadaan transaksi di pasar hewan sepi sehingga rantai pemasaran panjang dan membuat harga sapi melejit. keadaan  tersebut kadang kala merugikan konsumen atau pembeli terutama bagi pemula yang ingin bisnis di bidang peternakan sapi karena mendapatkan bakalan sapi dengan harga yang tidak sewajarnya.  Tips membeli bakalan sapi di pasar hewan untuk pemula perlu dikuasai sehingga mendapatkan sapi dengan kualitas yang sesuai dengan harga dan masih potensial untuk dilakukan pemeliharaan demi mendapatkan keuntungan.

Tips membeli bakalan sapi di pasar hewan untuk pemula adalah sebagaimana uraian berikut:

DATANG PAGI HARI SEKALI KE PASAR HEWAN

Datang pagi hari sekali ke Pasar Hewan sangat perlu dilakukan agar kita mengetahui turunnya sapi dari truk. Dengan mengetahui sapi yang turun dari truk kita juga dapat mengetahui siapa pemilik sapi, pedagang, blantik (makelar), dan pelaku usaha yang lain. Usahakan kita membeli sapi dari pemilik langsung agar mendapatkan harga yang lebih murah karena tidak melalui pelaku usaha penghubung (makelar, blantik). Selain itu datang pagi hari sekali membuat kita memiliki kelonggaran  dan kemudahan dalam memilih sapi-sapi yang baru datang dan turun dari truk.

PERGI KE PASAR HEWAN BERSAMA TEMAN YANG DAPAT DIPERCAYA DAN MEMILIKI KEMAMPUAN

Pergi ke Pasar Hewan bersama teman yang dapat dipercaya dan sudah terbiasa belanja sapi di pasar hewan tersebut. Cara tersebut adalah yang paling dianjurkan dan praktis.

TAMPIL DENGAN SEDERHANA PENUH PERCAYA DIRI

Tampilah dengan pakaian sederhana penuh percaya diri saat di Pasar Hewan penting untuk mengalihkan perhatian makelar atau pedagang. Hindari terlihat kebingungan dan tanpa tujuan ketika berada di pasar hewan karena jika terlihat kebingunan akan banyak orang yang menghampiri untuk menawarkan sapinya berharap dapat harga tinggi dari pembeli pemula atau yang belum berpengalaman.

MENDAPATKAN INFORMASI HARGA SAPI TANPA BERTANYA

Mendapatkan informasi harga sapi tanpa bertanya kepada pedagang adalah berusaha untuk mendengarkan obrolan pedagang yang sedang menawarkan harga kepada orang lain, namun sebaiknya lakukan dari pada jarak yang sedikit dekat dari pedagang.

BERPUTAR MENJELAJAHI SELURUH ISI PASAR

Berputar menjelajahi seluruh isi pasar yang ada bakalan sapi, amati postur dan bentuk tubuh sekaligus harga yang ditawarkan tanpa bertanya ke pedagang sapi! Hal tersebut sangat membantu untuk mengetahui standar harga pasaran rata-rata serta sebagai pembanding sapi satu dengan sapi yang lain.

BERUSAHA MENGHAPALKAN SITUASI PASAR HEWAN

Yang dimaksudkan adalah berusaha menghafalkan wajah pedagang atau makelar sapi bila perlu namanya beserta tempat nongkrongnya. Kita akan menghafal pedagang siapa yang memiliki sapi yang bagus dengan harga yang sedikit miring dengan lapak nongkrong dimana. Memang hal tersebut sulit akan tetapi dengan intensitas kita sering ke pasar hewan akan mempermudah menghafal kondisi pasar karena jarang sekali pedagang pindah lapak nongkrong.

PASTIKAN POSISI KITA DAN SAPI PADA TANAH YANG DATAR RATA SAAT MENGAMATI SAPI

Posisi lokasi yang datar untuk mengamati dan mentafsir sapi penting karena untuk menghindari kesalahan tafsir ukuran sapi seperti pedet kecil terlihat besar karena tanah tempat posisi sapi lebih tinggi dari tempat kita berdiri maka akan terlihat sapi lebih besar sehingga pembeli dapat salah dan keliru menawar harga demikian juga sebaliknya.

MEMILIH SAPI BODY KURUS, TIDAK CACAT DAN SEHAT

Sapi body Kurus tidak cacat dan Sehat adalah ideal untuk penggemukan dan dijadikan sapi bakalan untuk digemukkan karena sapi yang kurus memiliki harga relatif jauh lebih murah sehingga kita dapat menghemat modal awal untuk pembelian sapi. Sapi kurus dan sehat saat dipelihara dengan baik akan memberikan pertumbuhan yang lebih cepat compensatory growth sehingga mendapatkan keuntungan lebih tinggi melalui pertambahan bobot badan. Jangan memilih sapi gelonggongan karena tidak sehat sehingga menimbulkan potensi kerugian.

GIGI BELUM POEL ATAU MAKSIMAL POEL 4

Sapi berumur muda memberikan pertumbuhan badan yang lebih cepat daripada sapi berumur sudah tua sehingga penggemukkan dengan sapi umur 1 – 2 tahun akan lebih menguntungkan.

MEMILIH BAKALAN SAPI YANG MEMILIKI UKURAN KEPALA LEBIH BESAR

Sapi muda yang memiliki ukuran kepala yang besar biasanya rakus makan sehingga jika tidak ada masalah dalam sistem pencernaan akan memberikan pertambahan bobot badan yang lebih baik.

USAHAKAN SINGGAH DI WARUNG KOPI

Mengusahakan singgah di warung kopi memang terlihat sebagai hal yang tidak penting dan sederhana, namun disinilah kita akan mendapatkan informasi secara gratis karena biasanya pelaku pasar hewan akan minum kopi rehat sejenak sembari ngobrol di warung kopi. Kopi sebagai teman bagi pelaku pasar hewan karena mereka berangkat pagi bahkan sebelum subuh sehingga memerlukan rehat di warung kopi untuk mengusir ngantuk. Sekaligus kita mengisi tenaga stamina dan rehat setelah berkeliling menjelajah pasar hewan agar tenaga stamina dan konsentrasi kembali fit di level terbaik.

JIKA SUDAH ADA SAPI YANG COCOK UNTUK DIBELI, SEBAIKNYA LAKUKAN :

  • Jika akan membeli sapi sebaiknya menanyakan surat serta retribusi sapi dari pasar hewan dimana sebagai bukti sapi yang telah dibeli merupakan sapi legal bukan hasil curian.
  • Jangan meninggalkan sapi yang telah dibeli tanpa pengawasan karena dipasar hewan rawan dengan maling sapi. Berikan tanda (cat punggung atau nomor ear tag) pada sapi yang telah dibeli dengan kode yang jelas dan spesifik demi keamanan.
  • Jangan membuka ataupun menawar harga sembarangan andai tidak yakin dengan kondisi sapi yng ditawarkan karena dapat memicu sikap pedagang tersinggung dan mendapatkan sumpah serapah yang tak layak. Selain itu mempengaruhi reputasi kita di pasar hewan tersebut karena jaringan pedagang dan makelar yang besar dan informasi yang cepat menyebar.
  • Jika kita sudah merasa tidak cocok dengan kondisi harga dan sapi yang tersedia di pasar sebaiknya jangan lakukan pembelian. Jika kita paksakan untuk membeli sapi meleset jauh dari perencanaan berpengaruh terhadap perhitungan usaha peternakan.
  • Jika belanja sapi telah kita lakukan sebaiknya lakukan pengangkutan ke transportasi truk dengan segera agar sapi tidak kehilangan energi banyak dan drop. Selain itu ketika sapi telah sampai di rumah dapat langsung diberikan perlakuan khusus agar kondisi badan kembali fit.

Demikian uraian Tips membeli bakalan sapi di pasar hewan untuk pemula. Dengan sering datang ke pasar hewan kita akan semakin memahami ketrampilan Tips membeli bakalan sapi di pasar hewan tersebut.