Beberapa Tips Membuat Bonsai Beringin Yang Mudah Dilakukan

tips membuat bonsai beringin

Tanaman yang ada dirumah sangat beragam namun salah satu yang sejak dahulu hingga sekarang masih tetap menjadi favorit banyak masyarakat adalah tanaman bonsai. Anda tentu sudah sangat mengenali tanaman yang satu ini. Ada banyak jenis tanaman yang dapat dibuat menjadi tanaman bonsai. Kriteria tanaman bonsai memang kecil dan memiliki bentuk yang unik sehingga terlihat seperti tanaman kerdil. Keunikan inilah yang menjadikan bonsai selalu banyak diminati masyarakat bahkan terkadang harganya ada yang sampai ratusan juta rupiah untuk satu potnya. Apabila anda ingin membuat suatu tanaman bonsai, beringin adalah tanaman yang sangat cocok sekali untuk dijadikan Bakalan bonsai beringin. Bonsai pohon beringin akan membuat halaman rumah terlihat semakin cantik. Harga bonsai beringin cukup mahal jadi banyak yang memilih untuk membuat sendiri tanaman tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat tanaman jenis yang satu ini.

  1. Tahap persiapan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan mulai untuk membuat tanaman bonsai adalah melakukan persiapan. Persiapan menjadi hal yang sangat penting agar pelaksanaan pembuatannya berjalan dengan baik. Beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan antara lain bonggol dari tanaman beringin yang sudah terlihat cukup besar, pilihlah jenis bonsai sesuai keinginan. Anda bisa membuat berbagai jenis bonsai untuk pohon beringin karena ada beberapa yang bisa dibuat seperti Bonsai beringin putih dan yang lainnya. Selanjutnya siapkan kawat stainless untuk membentuk bonsai dengan ukuran 3mm, gunting untuk tanaman, dan juga beberapa jenis alat yang biasa digunakan untuk merawat tanaman ini. Setelah melakukan periapan, selanjutnya dapat mulai untuk membuat tanaman unik tersebut.

  1. Tahap penanaman

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah selesai melakukan persiapan adalah melakukan proses penanaman. Pertama-tama, tanaman beringin yang sudah dipersiapkan di tanam pada sebuah media tanam dengan kadar unsur hara rendah. Hal ini akan membantu tanaman untuk lebih mudah dibentuk. Setelah ditanam, anda perlu untuk menyiapkan kawat stainless dan kemudian bentuk tanaman sesuai dengan pola yang diinginkan. Kreatifitas saat pembentukan pola sangatlah penting karena mempengaruhi hasil akhirnya. Cara ini terbilang yang paling rumit karena harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Apabila tanaman sudah kokoh dan diberi pola dengan menggunakan kawat, jangan lupa untuk merawatnya dengan memberikan pupuk. Pupuk akan membantu bonsai untuk tumbuh dan tidak mengalami hal-hal buruk seperti layu atau berpenyakit. Jika sudah tumbuh cukup subur, anda harus melakukan pemangkasan dengan teratur agar daun dari pohon terlihat rapi dan juga semakin cantik. Semakin teratur pemangkasan, daun yang tumbuh biasanya akan terlihat mengecil. Inilah yang akan membuat bonsaiterlihat begitu istimewa.

  1. Tahap perawatan

Bonsai beringin kimeng atau jenis lainnya ini bisa terlihat cantik dan juga terbentuk sempurna jika dilakukan perawatan dengan baik. Perawatan yang dilakukan memang membutuhkan waktu cukup lama karena pembentukan tanaman agar terlihat sempurna harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan dengan ketelitian. Perawatan sederhana seperti penyiraman harus dilakukan setiap hari. Gunakan air yang tidak berbau dan juga bersih agar tanaman tidak mengalami masalah. Jangan lupa lakukan pemupukan secara teratur dengan menggunakan pupuk alami saja.

Penyiangan juga jangan sampai terlewatkan. Ketika terlihat ada rumput yang muncul bisa langsung dibersihkan agar tidak mengganggu perkembangan tanaman. Lakukan pemangkasan dan bentuk bonsai sesuai dengan keinginan anda. Jika kiranya ada lilitan kawat yang kurang rapi bisa coba untuk diperbaiki. Lakukan pelepasan kawat ketika kawat terlihat seolah tenggelam pada batang. Setelah terlihat pohon seperti bonsai yang dewasa, anda bisa melepas seluruh kawat dan mengganti pot dengan yang lebih besar dan lebih cantik.

Cara untuk membuat bonsai sudah selesai. Jika anda ingin membuat Bonsai beringin korea juga bisa mengikuti cara tersebut. Cara ini terbilang mudah sehingga anda bisa melakukan sendiri dirumah. Kiranya tanaman yang dibuat ternyata banyak yang menyukainya, anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai salah satu produk yang dapat dijual sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari hobi membuat bonsai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *